Touch Bar Pada MacBook Pro Apple Teranyar Dihilangkan, Apa Penyebabnya?

Touch Bar Pada MacBook Pro Apple Teranyar Dihilangkan, Apa Penyebabnya?

Touch Bar Pada MacBook Pro Apple Teranyar Dihilangkan, Apa Penyebabnya?-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Model MacBook Pro terbaru Apple yang diluncurkan sejak bulan Oktober 2023 lalu telah mengejutkan banyak penggemar dan kritikus dengan pilihan desainnya. 

Salah satu perubahan yang paling mencolok adalah dihilangkannya Touch Bar dari model MacBook Pro

Touch Bar sendiri merupakan panel OLED layar sentuh yang menggantikan deretan tombol fungsi pada model MacBook Pro sebelumnya. Jadi, fitur diperkenalkan pada 2016 ini dapat disesuaikan pengguna untuk mengakses berbagai aplikasi dan tugas. 

Namun, setelah tujuh tahun keberadaannya, Apple memutuskan untuk menghapus Touch Bar dan mengembalikan tombol fungsi tradisional. Apa alasan di balik keputusan ini? Berikut beberapa kemungkinan yang kami kumpulkan dari beberapa sumber.

BACA JUGA:Miliki Harga Fantastis, Seperti Apa Spesifikasi Vivo X80 Pro 5G, Simak Berikut Ini

1. Feedback Pengguna

Salah satu alasan utama Apple membuang Touch Bar adalah karena tidak menerima feedback yang cukup positif dari pengguna. Banyak pengguna MacBook Pro mengeluh Touch Bar tidak terlalu berguna, intuitif, atau dapat diandalkan.

Untuk diketahui, Touch Bar dapat dikustomisasi fungsinya sesuai dengan aplikasi yang sedang dibuka, tetapi hal ini membawa permasalahan bagi pengguna.

Touch Bar dinilai terlalu mengganggu dan mengharuskan pengguna untuk harus melihat sendiri apa yang mereka pencet. Hal ini berbeda dengan tombol fungsi (F) yang umumnya memiliki fungsi tetap.

Selain itu, Touch Bar tidak kompatibel dengan banyak aplikasi dan tidak menawarkan opsi penyesuaian yang cukup. Fitur ini juga rentan terhadap gangguan, macet, dan sentuhan yang tidak disengaja.

BACA JUGA:Mengulas Kelebihan dan Kekurangan HP Vivo V29 5G, Miliki Kamera 50 Mp

Mengingat fitur ini hadir sebagai tombol virtual yang sebenarnya merupakan layar biasa, Touch Bar tidak memberikan umpan balik sentuhan atau tombol fisik yang disukai pengguna.

Menurut survei yang dilakukan oleh Laptopmag pada 2020, hanya 16 persen pengguna MacBook versi Pro yang mengatakan mereka sering menggunakan Touch Bar. Sementara ada 44 persen responden mengatakan tidak pernah menggunakannya. 

Survei lain oleh 9to5Mac pada 2021 juga menemukan, 60 persen pengguna MacBook Pro ingin Apple menghapus Touch Bar dan menggantinya dengan tombol fungsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: