Ubah Sejarah Dunia, Inilah Perang Talas Pertempuran Antara Muslim Arab -Tiongkok yang Menggemparkan

Ubah Sejarah Dunia, Inilah Perang Talas Pertempuran Antara Muslim Arab -Tiongkok yang Menggemparkan

ekspansi kilat yang dilakukan oleh bangsa Arab akan berbenturan dengan kepentingan Tiongkok yang sudah mapan di Asia Tengah.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pertempuran Sungai Talas adalah pertikaian antara Kekaisaran Tang Tiongkok dan Arab Abbasiyah. Dampak perang ini tak hanya kerasa untuk Tiongkok dan Asia Tengah saja, namun juga untuk seluruh dunia. Asia pada abad ke-8 adalah sebuah mosaik yang terus berubah dari berbagai kekuatan suku dan regional. Era ini ditandai dengan serangkaian pertempuran, aliansi, persekutuan, persilangan, dan pengkhianatan yang memusingkan.

“Pada saat itu, tidak ada yang tahu bahwa suatu pertempuran, yang terjadi di tepi Sungai Talas di Kirgistan saat ini, akan menghentikan kemajuan Arab dan Cina di Asia Tengah dan menetapkan batas antara Asia Buddha/Konfusianisme dan Asia Muslim,” tulis Kallie Szczepanski, pada laman ThoughtCo.

BACA JUGA:Kalamansi Bengkulu Diproyeksikan Naik Kelas Dalam Impact Kadin Award 2023

Pertempuran ini juga berperan penting dalam mentransmisikan penemuan Tiongkok ke dunia barat: seni pembuatan kertas, sebuah teknologi yang akan mengubah sejarah dunia selamanya.

Latar Belakang Pertempuran

Selama beberapa waktu, Kekaisaran Tang yang kuat (618-906) dan para pendahulunya telah memperluas pengaruh Tiongkok di Asia Tengah. Tiongkok mengandalkan serangkaian perjanjian perdagangan dan protektorat nominal daripada penaklukan militer untuk mengendalikan Asia Tengah.

Musuh paling merepotkan yang dihadapi oleh Tang sejak tahun 640 adalah Kekaisaran Tibet, yang didirikan oleh Songtsan Gampo. Tiongkok juga menghadapi tantangan dari Uighur Turki di barat laut, Turki Indo-Eropa, dan suku-suku Laos/Thailand di perbatasan selatan Tiongkok. Sementara Tang disibukkan dengan semua musuh-musuh tersebut, sebuah negara adidaya baru muncul di Timur Tengah.

BACA JUGA:Ini DCT DPD RI Dapil Bengkulu Beserta Nomor Urutnya

Pasca wafatnya Nabi Muhammad pada tahun 632, umat Muslim di bawah Dinasti Umayyah (661-750) segera menguasai wilayah yang luas. Kallie menggambarkan, bahwa penaklukan Arab menyebar dengan kecepatan yang menakjubkan. “Dari Spanyol dan Portugal di barat, melintasi Afrika Utara dan Timur Tengah, dan terus ke kota-kota oasis Merv, Tashkent, dan Samarkand di timur.”

Kepentingan Tiongkok di Asia Tengah setidaknya sudah ada sejak tahun 97 SM, ketika jenderal Dinasti Han, Ban Chao, memimpin 70.000 tentara hingga ke Merv. Mereka memburu para bandit yang memangsa kafilah-kafilah Jalur Sutra pada masa-masa awal. Tiongkok juga telah lama menjalin hubungan dagang dengan Kekaisaran Sassaniyah di Persia, dan juga dengan pendahulunya, bangsa Parthia. “Persia dan Tiongkok telah berkolaborasi untuk memadamkan kekuatan Turki yang sedang bangkit, dengan mempermainkan para pemimpin suku yang berbeda satu sama lain,” kata Kallie.

BACA JUGA:Target 2024, Samsung Ingin Jual Lebih Banyak HP Mahal

Konflik Awal Tiongkok dan Arab

Tak pelak lagi, ekspansi kilat yang dilakukan oleh bangsa Arab akan berbenturan dengan kepentingan Tiongkok yang sudah mapan di Asia Tengah. Pada 651, Ummaiyyah merebut ibu kota Sassania di Merv dan mengeksekusi rajanya, Yazdegerd III. Dari pangkalan ini, mereka kemudian menaklukkan Bukhara, Lembah Ferghana, dan sampai ke timur sampai ke Kashgar (di perbatasan Cina/Kirgistan saat ini).

Berita tentang nasib Yazdegard dibawa ke ibu kota Cina, Chang'an (Xian), oleh putranya, Firuz, yang melarikan diri ke Cina setelah kejatuhan Merv. Pada 715, bentrokan bersenjata pertama antara kedua kekuatan ini terjadi di Lembah Ferghana, Afghanistan. Bangsa Arab dan Tibet menggulingkan Raja Ikhshid dan melantik seorang pria bernama Alutar sebagai penggantinya. Ikhshid meminta Tiongkok untuk campur tangan atas namanya, dan Tang mengirim 10.000 tentara untuk menggulingkan Alutar dan mengembalikan Ikhshid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: