Wajib Tahu,Ini Dia Manfaat Jogging Rutin Demi Kesehatan Fisik dan Mental

Wajib Tahu,Ini Dia Manfaat Jogging Rutin Demi Kesehatan Fisik dan Mental

Ketika kamu melakukan jogging, kamu bisa mengurangi berbagai macam risiko penyakit, baik penyakit menular maupun kritis berbahaya--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pernah enggak sih, kamu coba olahraga simpel tapi seru seperti  jogging? Aktivitas ini bener-bener menyegarkan badan dan pikiran, lho, apalagi di tengah kesibukan sehari-hari. Keunikan jogging ini juga bisa dilakuin kapan aja dan di mana aja, dan enggak butuh alat ribet.

Menariknya lagi, olahraga santai ini punya manfaat yang luar biasa buat kesehatan. Beberapa manfaat jogging yakni meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kebugaran fisik, dan mengurangi stres.Ingin tahu lebih banyak mengenai cara hidup sehat? Temukan rahasianya di sini!

BACA JUGA:Amankah Menjalani Rhinoplasty untuk Mengubah Bentuk Hidung?

Kita bakal bahas manfaat jogging yang bikin kamu tertarik banget buat mulai rutin lari, simak selengkapnya!
Jogging merupakan sebutan untuk aktivitas lari di antara jalan santai dengan lari. Umumnya, jogging berada di bawah 10 km per jam, sementara lari sudah di atas 10 km per jam. Untuk membantu mengukur, kamu juga bisa menggunakan aplikasi jalan kaki. Pada umumnya, mereka sudah bisa mengukur seberapa cepat laju jalan kamu.

Lantas, apa sih manfaat jogging? Apakah serupa dengan manfaat jalan kaki?

Apa manfaat jogging bagi tubuh kita?
1. Mengurangi risiko infeksi
Jogging dapat membantu merangsang terbentuknya limfosit dan makrofag, yaitu sel darah putih yang melindungi tubuh dari berbagai infeksi bakteri dan virus. Karena itu, orang yang mempunyai kebiasaan jogging pun akan lebih kuat terhadap infeksi virus, seperti flu atau batuk pilek.

2. Lebih sehat bagi jantung
Sebagai salah satu jenis olahraga kardio, jogging juga bisa meningkatkan kesehatan jantung. Sama seperti lari, jogging bisa membantu mengurangi risiko penyakit, seperti:

BACA JUGA:Amankah Menggunakan Alkohol untuk Membersihkan Wajah?

Kolesterol tinggi;
Kadar glukosa yang tinggi; atau
Tekanan darah tinggi atau hipertensi.
Dengan menghindari tiga kondisi ini, risiko untuk mengalami penyakit yang lebih serius pun, seperti diabetes, serangan jantung, stroke, atau jenis penyakit jantung lainnya pun bisa terhindari.

3. Mengurangi risiko diabetes
Diabetes bisa terjadi karena adanya penurunan resistensi insulin. Resistensi insulin sendiri adalah sebuah kondisi dimana sel tubuh tidak lagi peka terhadap insulin, sehingga kadar gula dalam darah tidak lagi terkontrol.  Untungnya, beberapa studi menemukan bahwa jogging setiap hari bisa menurunkan risiko munculnya kondisi ini. Kemungkinan, hal ini terjadi karena jogging ampuh dalam menghilangkan lemak tubuh yang bisa menyebabkan adanya resistensi insulin.

BACA JUGA:Ternyata Minyak Jarak Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Lebih baik untuk paru-paru
Ketika jogging, kapasitas bernapas kita pun menjadi lebih tinggi. Hal ini bagus sebagai latihan untuk setiap otot pada sistem pernapasan tubuh, terutama pada paru-paru. Karena jogging membuat jantung berdetak lebih kencang dan aliran darah lebih lancar, otomatis oksigen yang kamu ambil dan karbondioksida yang kamu buang pun lebih banyak. Dengan begitu, kerja sistem pernapasan pun jadi jauh lebih produktif dan efisien.

5. Meningkatkan kualitas tidur kamu
Secara umum, olahraga yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Sebuah studi oleh Journal of Adolescent Health menyatakan hanya dengan jogging selama 30 menit saja bisa meningkatkan kualitas tidur, serta mengurangi rasa kantuk di siang hari.Selain itu, sebuah penelitian lainnya menyatakan orang yang biasanya kekurangan tidur, yaitu di bawah 6.5 jam, akan bisa tidur 75 menit lebih lama per malamnya jika jogging dengan teratur.

BACA JUGA:Ini Dia Vitamin Terbaik untuk Mencerahkan dan Memuluskan Kulitmu!

6. Mengurangi risiko stres
Tidak hanya kesehatan fisik, jogging pun baik untuk kesehatan mental kamu. Jogging sendirian adalah bagian dari cara gaya hidup sehat yang dapat membantu kamu menenangkan dan menjernihkan pikiran, sehingga risiko untuk stres pun berkurang.
Hal ini disebabkan karena jogging membantu kamu untuk bisa lebih sadar (mindful) akan kondisi sekitar kamu, seperti napas kamu, langkah kaki, dan rute jalan yang akan kamu ambil. Dengan begitu, pikiran kamu pun tidak kemana-mana dan menikmati masa kini.

7. Mengurangi risiko penyakit mental
Ketika kamu stres berkepanjangan, ada sebuah hormon yang menjadi tinggi diproduksi tubuh. Hormon ini disebut kortisol dan jika terlalu banyak bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan mental dan gejala fisiknya, seperti:

Depresi;
Rasa cemas berlebih (anxiety);
Masalah ingatan dan konsentrasi;
Susah tidur atau insomnia;
Sakit kepala;
Masalah pencernaan;
Naiknya atau turunnya berat badan.
Karena itu, untuk menghindari masalah ini, kortisol bisa kamu jaga dengan olahraga teratur. Sebagai salah satu olahraga yang tergolong simpel, kamu pun bisa memilih jogging!
Nggak cuma bisa mengurangi risiko penyakit mental, sekarang jogging juga bisa menghasilkan hadiah.

BACA JUGA:Ini Alasan Mengapa Ponsel Realme Menjadi Pilihan Utama Dalam Kategori HP Entry-Level

8. Melatih otot tubuh bagian bawah
Untuk bisa menumpu berat badan dalam kecepatan jogging, tentunya kamu menstimulasi kerja otot tubuh bagian bawah. Otot kamu pun bisa menjadi lebih kuat. Terutama di bagian betis, pantat, hingga otot paha.

9. Menjaga berat badan
salah satu manfaat dari jogging adalah membantu anda menjaga berat badan yang idealTidak hanya melatih otot, jogging juga bisa menguras energi dan membakar kalori kamu. Hanya setengah jam jogging saja sudah sama dengan 300 kalori.
Kamu pun bisa jogging yang teratur untuk mempertahankan berat badan kamu yang sekarang. Bisa menjaga berat badan, apakah jogging bisa menurunkan berat badan juga? Tentunya. Olahraga kardio pada umumnya bisa menjadi cara menurunkan berat badan yang efektif. Termasuk misalnya jogging, lari, atau bersepeda.

BACA JUGA:Nama-nama Setan yang Kerap Menggoda Manusia, Berikut Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

10. Memperlambat penyusutan tulang belakang
Ketika kamu sudah mulai menua, bantalan tulang belakang kamu mengalami penyusutan. Ternyata penyusutan ini akan menjadi lebih cepat jika kamu tidak berolahraga secara teratur. Posisi duduk bahkan bisa memberi tekanan berat pada bantalan tersebut. Orang-orang yang gemar jogging pun bisa mempunyai bantalan yang lebih fleksibel dan tinggi dibandingkan mereka yang jarang bergerak.

11. Membuat kamu lebih pintar
Walau terkesan tidak menggunakan otak, tapi perkembangan otak pelari lebih cepat dibanding mereka yang jarang beraktivitas fisik. Sebuah penelitian neurobiologi yang berfokus pada kerja otak mendapati bahwa beberapa area otak lebih terhubung ketika berlari.Contohnya saja ingatan, multitasking, fokus, membuat pilihan, dan memproses informasi visual dan sensorik lainnya.

BACA JUGA:Agar Tampil Trendy, Berikut Ini Tips Styling Loungewear untuk Daily Casual

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: