Agar Kondisi Kulit Terjaga, Begini Tahapan Membersihkan Wajah yang Tepat

Agar Kondisi Kulit Terjaga, Begini Tahapan Membersihkan Wajah yang Tepat

Eksfoliasi memang dapat membantu membersihkan kulit wajah secara mendalam, karena ada bahan kandungannya yang dapat membersihkan sampai ke pori-pori.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Membersihkan wajah merupakan tahap awal yang penting dilakukan dalam rutinitas perawatan wajah Anda, baik pada pagi dan malam hari. Jika dilakukan dengan tepat, maka segala kotoran, minyak berlebih, sisa makeup, sisa sunscreen, dan lainnya, akan terangkat dengan sempurna, membuat wajah Anda bersih, segar, dan terhindar dari potensi munculnya jerawat. Kulit wajah juga akan menjadi lebih sehat secara keseluruhan.

Eksfoliasi untuk Meluruhkan Sel-Sel Kulit Mati

Setiap 28 hari, kulit Anda secara alami meluruhkan sel-sel kulit mati untuk memberi ruang bagi sel-sel baru untuk naik ke permukaan kulit. Namun seiring bertambahnya usia, proses regenerasi sel melambat, sehingga luruhnya sel-sel mati berlangsung lebih lama dari 28 hari. Ketika sel-sel kulit mati mulai menumpuk di permukaan kulit, itu bisa membuat kulit tampak kusam, terasa kasar dan kering, serta masalah kulit lainnya.

BACA JUGA:Mau Kulit Wajah Jadi Kencang dan Mulus? Coba Perawatan HIFU

Eksfoliasi adalah proses peluruhan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit, baik secara fisik atau kimia. Pembersihan sel-sel mati secara fisik dilakukan menggunakan scrub, sedangkan secara kimia dilakukan dengan menggunakan bahan asam khusus yang dapat melemahkan ikatan sel-sel kulit mati sehingga akhirnya terlepas dan luruh.

Eksfoliasi memang dapat membantu membersihkan kulit wajah secara mendalam, karena ada bahan kandungannya yang dapat membersihkan sampai ke pori-pori. Manfaat eksfoliasi wajah lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah memperbaiki penampilan kulit wajah dengan beberapa cara. 

Eksfoliasi dapat membuat kulit Anda terlihat lebih cerah dan memaksimalkan penyerapan produk perawatan kulit. Jika Anda mendambakan kulit yang sehat, bebas kusam, dan glowing, Anda wajib melakukan langkah perawatan wajah ini secara rutin. Jenisnya tergantung dari kondisi serta sensitivitas kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif atau berjerawat, Anda harus memilih produk dan metode eksfoliasi dengan hati-hati. 

BACA JUGA:Cryolipolysis, Teknologi Menghilangkan Lemak di Bawah Kulit

Pada umumnya, perawatan wajah ini dilakukan 1-2 kali seminggu sekali jika menggunakan eksfoliator fisik. Anda juga bisa melakukannya dengan frekuensi 1-2 kali seminggu dengan eksfoliator kimia, tapi Anda harus sangat memperhatikan persentase kandungan bahan asam di dalam produk eksfoliatornya. 

Kenali Jenis Eksfoliator dan Cara Kerjanya

Ada berbagai metode dan perlengkapan untuk mengeksfoliasi kulit. Cara yang paling mudah dan umum digunakan adalah dengan menggunakan scrub dan sikat wajah. Namun ada juga yang lebih menyukai proses meluruhkan sel-sel kulit mati ini dengan bahan-bahan kimia yang berbasis asam, biasanya berupa exfoliating toner dan exfoliating serum.  

BACA JUGA:Cukup Duduk di Sofa, Begini Cara Mudah Bayar Tagihan IndiHome Lewat LinkAja

Eksfoliator fisik

Ada beberapa pilihan eksfoliator fisik yang bisa Anda gunakan, di antaranya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: