Bantu Cegah Penuaan Dini, Salah Satu Manfaat Buah Naga untuk Wajah

Bantu Cegah Penuaan Dini, Salah Satu Manfaat Buah Naga untuk Wajah

rutin mengonsumsi buah naga dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Manfaat buah naga untuk wajah rupanya cukup beragam, mulai dari mencerahkan kulit hingga mencegah penuaan dini. Pasalnya, manfaat ini dapat diperoleh dari kandungan buah naga yang kaya akan nutrisi, seperti magnesium, antioksidan, serta vitamin A, B, C, dan E.

Selain manfaatnya untuk kulit dan wajah, kandungan nutrisi di dalam buah naga juga berdampak positif pada kesehatan tubuh, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, memelihara fungsi organ tubuh, hingga mencegah penyakit kanker.Simak ulasan lengkap tentang beragam manfaat buah naga untuk wajah di bawah ini.

BACA JUGA:Cara Jitu Menghilangkan Lemak di Wajah Tanpa Operasi, Pipi Auto Tirus!

Buah naga tidak hanya memiliki bentuk yang unik, tetapi juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk kulit wajah. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang manfaat buah naga untuk kecantikan wajah.

1. Mencerahkan Kulit Wajah
Manfaat buah naga untuk kulit wajah yang pertama adalah membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam secara alami. Manfaat ini dapat diperoleh dari kandungan vitamin C, antioksidan, dan beta-karoten di dalam buah naga.

Pasalnya, vitamin C dan antioksidan dapat membantu menghambat produksi melanin (pigmen kulit yang membuat warna kulit pada bagian tubuh tertentu tampak lebih gelap). Umumnya, melanin bisa meningkat saat kulit terpapar sinar matahari secara berlebihan. Jika kadar melanin dalam tubuh sedikit, warna kulit pun akan tampak lebih cerah atau putih.

BACA JUGA:Cara Ampuh Menghindari Terbentuknya Kerutan Wajah Saat Tidur

2. Mengatasi Jerawat
Buah naga juga bisa dimanfaatkan sebagai cara alami untuk mendukung perawatan wajah berjerawat. Buah naga mengandung senyawa yang bersifat antioksidan, yang jika dikonsumsi secara rutin dapat membantu mengatasi masalah jerawat di wajah.

Buah ini juga direkomendasikan sebagai makanan yang dapat mengurangi dan mencegah munculnya jerawat karena memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Pasalnya, makanan dengan kandungan tinggi gula termasuk dalam makanan pemicu munculnya jerawat.

3. Mengurangi Minyak Berlebih di Wajah
Minyak atau sebum di kulit wajah sebenarnya memiliki fungsi penting, yaitu menjaga kelembapan dan kebersihan kulit. Namun, apabila kadarnya berlebihan, hal tersebut dapat menyumbat pori-pori kulit dan memicu munculnya jerawat serta komedo.

BACA JUGA:Manfaat Microneedling untuk Kecantikan dan Prosedurnya

Dalam hal ini, buah naga dapat dimanfaatkan sebagai perawatan wajah alami untuk mengurangi minyak berlebih di wajah. Caranya mudah, campurkan buah naga yang telah dihaluskan ke dalam air mawar atau air lemon, tambahkan 1 sdm oatmeal, kemudian campurkan seluruh bahan hingga merata.

Oleskan masker ke seluruh permukaan wajah dan diamkan selama 20–30 menit. Setelahnya, bilas wajah dengan air sampai bersih, lalu lanjutkan dengan mengaplikasikan produk perawatan kulit yang biasa Anda gunakan.

4. Menjaga Kelembapan Wajah
Menjaga kelembapan wajah bisa dilakukan dengan mengonsumsi buah-buahan yang memiliki kadar air tinggi seperti buah naga putih. Mengonsumsi buah naga putih dapat membantu memperbaiki penampilan kulit serta melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV.

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut dan Cara Memakainya

5. Menjaga Kesehatan Kulit Wajah
Manfaat buah naga untuk wajah berikutnya adalah meningkatkan kesehatan kulit wajah. Manfaat ini dapat diperoleh dari kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalam buah naga. Manfaat buah naga untuk wajah ini diperkuat dengan hasil penelitian dari National Library of Medicine.

Penelitian ini melaporkan bahwa buah naga dapat meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi kulit (menggelapnya warna kulit di bagian tubuh tertentu karena produksi melanin yang berlebihan).Kandungan vitamin C pada buah naga berperan dalam memproduksi kolagen pada struktur kulit. Kolagen di dalam kulit tersebut berfungsi untuk menjaga konsistensi kulit agar tetap kenyal dan lembut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: