Hindari Penggunaan HP saat Tiduran, Salah Satu Cara Cegah Rabun Dekat

Hindari Penggunaan HP saat Tiduran, Salah Satu Cara Cegah Rabun Dekat

Salah satu penyebab rabun dekat adalah pengguanaan gadget saat tiduran dan dalam keadaan ruangan yang gelap.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Seseorang mungkin saja bisa mengalami masalah rabun dekat adalah suatu kondisi dimana kita mengalami kesulitan saat membaca dan melihat objek jarak dekat atau istilah medisnya yakni hipermetropi. Kemudian rabun dekat pun bisa menjadi penyebab atas kondisi lain seperti mata lelah, mata berair, sakit kepala, nyeri di sekitar mata, dan terkadang harus menyipitkan mata setiap kali melihat objek dalam jarak yang dekat.

BACA JUGA:Begini Cara Ganti Password Spotify, Simpel dan Praktis

Masalah rabun dekat ini pun bisa terjadi pada usia berapa saja, misalnya kalangan usia 40 tahun ke atas. Kendati tidak menutup kemungkinan bahwa rabun dekat bisa saja terjadi di kalangan usia muda. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa cara mencegah rabun dekat yang bisa kalian ketahui:

1. Menghindari Penggunaan Handphone Saat Tiduran
Salah satu penyebab rabun dekat adalah pengguanaan gadget saat tiduran dan dalam keadaan ruangan yang gelap. Hal ini dapat terjadi lantaran sinar matahari yang dipancarkan dari gadget adalah sinar radiasi yang destruktif.  Kemudian saat pencahayaan rendah, sinar radiasi akan terfokus pada retina dan paparan yang berlebihan bisa menjadi penyebab terjadinya kerusakan pada sel-sel fotoreseptor retina.

BACA JUGA:Orang Yahudi di Indonesia, Apakah Bisa Jadi Warga Negara Israel?

Jika retina rusak, kondisi ini biasanya akan sulit diobati atau bahkan tidak bisa disembuhkan dan cara mencegahnya bisa dengan menerapkan aturan 20-20-20.  Maksudnya adalah setelah menatap layar gadget selama 20 menit, lalu coba alihkan  pandangan dengan melihat objek dengan jarak sekurangnya 20 kaki atau 6 meter selama 20 detik.

BACA JUGA:Limit Shopee Pinjam Masih Kecil? Begini Cara Ampuh Menaikkannya Dengan Cepat

2. Menghindari Minum Kopi Berlebihan
Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa kopi bisa merusak saraf penglihatan yang mana mempunyai fungsi meneruskan informasi dari mata ke otak.  Oleh sebab itu, jika saraf penglihatan terjadi kerusakan, maka ketajaman penglihatan pun dapat menurun. Sehingga, sebaiknya mengonsumsi kopi tidak lebih dari 1 gelas dalam 1 hari sebagai upaya pencegahan rabun dekat.

BACA JUGA:Payot! Ciri Khas Rambut Depan Telinga yang Menjuntai pada Laki-laki Yahudi

3. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi dan Jangan Merokok
Dengan mengonsumsi nutrisi yang cukup, hal ini pun bisa membantu pertumbuhan sel-sel retina, seperti vitamin A didapat dari buah-buahan, sayur-sayuran, ikan, daging, dan lain-lain. Selain itu, coba menghentikan kebiasaan merokok karena asap rokok bisa mengganggu kerja metabolisme tubuh saat menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.  Nah itulah tadi sejumlah cara dalam mencegah masalah rabun dekat. Semoga bermanfaat.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: