Apa Penyebab Gagal Hati? Ketahui Gejala dan Penanganannya

Apa Penyebab Gagal Hati? Ketahui Gejala dan Penanganannya

Apa Penyebab Gagal Hati? Ketahui Gejala dan Penangananya-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

4. Biopsi hati.

5. Analisis gas darah.

Pengobatan Gagal Hati

Apakah gagal hati bisa sembuh? Jika disebabkan oleh overdosis obat, gagal hati biasanya masih bisa disembuhkan dengan memberikan penawarnya. 

Namun, jika organ hati telah mengalami kerusakan yang cukup parah, seperti akibat sirosis, kondisi tersebut cenderung tidak bisa disembuhkan dan pengobatan yang dilakukan hanya untuk menyelamatkan bagian organ hati yang masih sehat.

Jika tidak memungkinkan, dokter dapat melakukan transplantasi hati apabila memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dan minim efek samping. 

Pada dasarnya, pengobatan gagal hati dilakukan untuk menjaga kestabilan kondisi tubuh pasien serta menangani penyebab yang mendasarinya. Adapun sejumlah metode pengobatan yang dapat dilakukan untuk menangani gagal hati adalah :

1. Konsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter, contohnya seperti acetylcysteine untuk memulihkan kondisi gagal hati akut yang disebabkan oleh overdosis obat acetaminophen (paracetamol). Namun obat yang diberikan tentu saja tergantung pada penyebab, sehingga lain penyebab akan lain pula obat yang diberikan.

2. Perawatan suportif, seperti transfusi darah jika pasien mengalami perdarahan, pemberian infus untuk menjaga tekanan darah normal, pemberian obat pencahar untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, dan lain-lain.

Cara Mencegah Gagal Hati

Gagal hati adalah kondisi yang dapat dicegah dengan menghindari faktor risiko yang dapat memicu berkembangnya penyakit liver.

Adapun sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko terjadinya gagal hati adalah :

- Melakukan vaksinasi hepatitis secara rutin.

- Menghindari penggunaan barang pribadi bersama, seperti alat cukur dan sikat gigi.

- Tidak berbagi jarum suntik atau menyalahgunakan NAPZA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: