Jangan Panik! Ini Dia Gejala Asam Lambung Naik

Jangan Panik! Ini Dia Gejala Asam Lambung Naik

gejala asam lambung naik ini terlihat gampang--

BENGKULUEKSPRESS.COM -Asam lambung naik atau GERD adalah keadaan naiknya Asam lambung ke kerongkongan atau esofagus dan diikuti dengan rasa mual serta dada terasa nyeri atau terbakar. Kemudian penyebab GERD ini kerap dihubungkan dengan kondisi stres, kegemukan, atau faktor keturunan, pola makan dan makanan yang dikonsumsi, efek samping dari obat tertentu hingga terkena penyakit seperti hiatus hernia atau gastroparesis.

BACA JUGA:Cara Mudah Membersihkan Riba, Ustadz Abdul Somad: Cukup Lakukan 2 Hal ini

Beberapa orang menganggap, bahwa gejala asam lambung naik ini terlihat gampang, padahal jika tidak ditangani dengan tepat penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi. Berikut tiga gejala asam lambung naik apa saja:

1. Nyeri dada (Heartburn)
Nyeri dada bisa menjadi salah satu dari gejala asam lambung naik dan keadaan ini terjadi karena asam lambung naik ke esofagus sehingga menyebabkan rasa sakit di dada beserta rasa panas terbakar.  Terkadang orang bisa saja terkecoh dengan gejala asam lambung yang menganggapnya seperti serangan jantung karena ada kemiripan padahal berbeda.

BACA JUGA:Cara Mudah Atasi Sihir dan Santet, Ikuti Petunjuk Ustadz Khalid Basalamah MA Berikut

 
2. Mulut terasa pahit
Pada saat asam lambung naik, zat asam dapat menyebar hingga ke bagian belakang tenggorokan sehingga timbul rasa pahit di mulut seperti hendak tersedak atau muntah. Umumnya gejala ini muncul saat malam hari ketika seseorang tengah istirahat atau berbaring.

Selain itu, jika mengonsumsi makanan secara berlebihan, makan makanan pedas atau tidak tepat waktu juga bisa memicu asam lambung naik. Guna mengatasi gejala ini, penderita mengonsumsi obat asam lambung yang dapat mengurangi gejalanya seperti Antasid, obat golongan proton pump inhibitor  atau Omeprazole, dan obat golongan antagonis reseptor H2 seperti Cimetidine.

BACA JUGA:Website Penghasil Saldo DANA Gratis Satu Ini Berikan Rp473.000, Hanya dengan dKerjakan Tugas Mudah

3. Suara serak
Apakah kalian pernah mengalami suara serak saat makan, jika hal ini terjadi itu bisa menjadi pertanda gejala asam lambung naik. Hal ini lantaran naiknya asam lambung hingga ke bagian kerongkongan atau esofagus dan bisa menimbulkan iritasi pada pita suara sehingga suaranya bisa terdengar serak atau berbeda. Nah itulah tadi beberapa gejala yang ditimbulkan apabila asam lambung naik. Semoga bermanfaat. (**)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: