Bisa Dicoba, Ini Cara Cepat Turunkan Darah Tinggi Tanpa Obat dan Alami

Bisa Dicoba, Ini Cara Cepat Turunkan Darah Tinggi Tanpa Obat dan Alami

Ilustrasi cek hipertensi-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Memiliki tekanan darah tinggi dapat menyebabkan hipertensi, di mana hipertensi dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Untuk itu, Anda perlu memahami bagaimana cara menurunkan darah tinggi.

Selain mengonsumsi obat-obatan, ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan darah tinggi. Yuk, kenali dan terapkan beberapa cara mengatasi darah tinggi dalam pembahasan berikut ini!

Cara Menurunkan Darah Tinggi Tanpa Obat

Tekanan darah normal seseorang adalah sekitar 120/80 mmHg. Apabila tekanan darah lebih dari angka tersebut, maka artinya mengalami peningkatan tekanan darah. 

BACA JUGA:Hipertensi, Inilah Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Tekanan darah perlu diperhatikan apabila angkanya telah melebihi 130/80 mmHg. Nah, dalam hal ini, berikut beberapa cara menurunkan darah tinggi yang dapat dilakukan.

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Cara mengatasi darah tinggi selanjutnya adalah dengan menjaga berat badan yang ideal. Berat badan berlebih dapat menyebabkan tekanan lebih pada arteri yang mengakibatkan tekanan darah meningkat.

Menjaga berat badan ideal tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi dan menghindari penyakit metabolik lainnya, tetapi juga menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan.

BACA JUGA:Penderita Hipertensi Wajib Tahu, Inilah 10 Buah Penurun Tensi

2. Mengurangi Konsumsi Natrium

Natrium adalah kandungan yang banyak terdapat dalam garam, baik itu pada garam makanan, camilan, minuman ringan, maupun makanan kaleng. Konsumsi garam yang berlebih dapat memicu peningkatan natrium (sodium) di dalam tubuh, hal ini dapat menjadi salah satu penyebab hipertensi.

Maka dari itu, penderita hipertensi selalu dianjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam. Kadar sodium untuk orang dewasa yang dianjurkan adalah sebanyak 1500-2000 mg per harinya setara dengan 6 gram garam atau 1 sendok teh garam per hari.

4. Olahraga dengan Rutin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: