Ada Tanda Hitam Bekas Kurap? Ini Cara Alami dan Aman Menghilangkannya

Ada Tanda Hitam Bekas Kurap? Ini Cara Alami dan Aman Menghilangkannya

Ilustrasi mengobati kurap menggunakan salep-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kurap adalah salah satu jenis penyakit kulit yang cukup sering dijumpai. Keberadaan Kurap dan bekasnya dapat mengganggu penampilan karena bisa terlihat jelas di permukaan kulit penderita. 

Oleh sebab itu, mengetahui cara menghilangkan bekas kurap akan sangat membantu dalam proses pemulihan kulit seperti semula. 

Penyakit kurap umumnya ditandai dengan gejala ruam pada kulit karena infeksi jamur Microsporum, Trichophyton, dan Epidermophyton. Gejalanya hampir serupa dengan penyakit psoriasis yang ditandai dengan kulit terasa tebal dan bersisik. 

BACA JUGA:Bisa Dicoba, Ini Obat Kurap Alami yang Mudah Ditemukan

Pertanyaan apakah bekas kurap bisa dihilangkan dan bagaimana cara menghilangkan bekas kurap secara alami mungkin kerap muncul di benak penderita. 

Pasalnya, keberadaan kurap memang cukup mengganggu penampilan. Selain itu, kurap yang sudah menyebar luas juga bisa menimbulkan ketidaknyamanan karena rasa gatal hingga sensasi terbakar di kulit. 

Bekas kurap pada kulit sejatinya bisa dihilangkan. Cara menghilangkan bekas kurap yang menghitam maupun kurap yang masih berada di tahap gejala awal pun cukup bervariasi, mulai dari perawatan mandiri hingga tindakan medis seperti :

BACA JUGA:Sering Mengelupas Kulit Bibir? Ini Dampak Bahayanya!

1. Prosedur Dermabrasi

Salah satu cara menghilangkan bekas kurap yang menghitam adalah dengan prosedur dermabrasi. Secara umum, dermabrasi adalah metode yang dilakukan guna menghaluskan dan meratakan permukaan kulit dengan menghilangkan lapisan kulit terluar. 

Melalui prosedur medis ini, penderita akan diberikan obat bius terlebih dahulu. Kemudian, prosedur dermabrasi dilaksanakan dengan mengikis sel kulit di area bekas kurap agar dapat merangsang pembentukan sel kulit baru yang sehat.

BACA JUGA:Tanaman Rumah yang Baik untuk Kesehatan Kulit

2. Menggunakan Aloe Vera / Lidah Buaya

Aloe vera (lidah buaya) adalah alternatif pengobatan alami yang kerap digunakan untuk mengurangi gejala infeksi kulit dan kulit kering. Selain itu, lidah buaya juga memiliki sifat antijamur dan antiinflamasi sehingga dapat mendukung penyembuhan kulit bekas kurap. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: