Ini Dia Artu Nama 'Whoosh' Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Ini Dia Artu Nama 'Whoosh' Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Nama "Whoosh" akan diterapkan tidak hanya pada stasiun-stasiun kereta cepat, tetapi juga secara bertahap pada interior keretanya. --

BENGKULUEKSPRESS.COM- Pemerintah telah mengumumkan nama baru untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), yaitu "Whoosh." Pengumuman resmi ini dibuat dalam Press Conference Kandidat Nama dan Logo Kereta Cepat Indonesia pada Kamis, 21 September 2023 lalu.

BACA JUGA:Doa Meminta Rezeki dan Keberkahan, Amalkan Doa-doa Berikut Setiap Hari

Presiden Joko Widodo, bersama dengan Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan pihak terkait lainnya, telah menyetujui penggunaan nama ini.

Menurut Ketua Tim Panel Sayembara Desain Identitas Jenama Kereta Api Cepat Indonesia, Triawan Munaf, "Nama ini adalah Whoosh, jadi kita bilang whoosh whoosh whoosh, Bapak Presiden, Pak Menteri, selalu ketika di dalam kereta itu selalu whoosh whoosh whoosh. Nama ini sudah ditentukan."

BACA JUGA:KLHK Dinilai Cuci Tangan, Lahan Pembuangan Limbah PLTU Dikeluarkan dari Kawasan TWA Pantai Panjang

Nama "Whoosh" akan diterapkan tidak hanya pada stasiun-stasiun kereta cepat, tetapi juga secara bertahap pada interior keretanya. Tidak menutup kemungkinan nama ini juga akan digunakan untuk kereta cepat Jakarta-Surabaya jika proyek ini berlanjut.

Triawan Munaf menambahkan, "Paling penting, masyarakat sekarang memiliki sebutan yang mudah, bukan naik KCIC atau KCJB, tetapi naik Whoosh. Whoosh akan menjadi istilah yang sesuai. Mungkin nanti ketika perjalanan ke Surabaya, kita akan naik Whoosh pada waktunya."

BACA JUGA:Cara Pinjam Uang di DANA, Ini Syarat dan Kelebihannya

Arti nama Whoosh

Dalam bahasa Indonesia, "Whoosh" adalah singkatan dari "Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal." Namun, nama ini juga memiliki arti dalam bahasa Inggris yang berarti "cepat," sehingga dapat diterima baik secara lokal maupun internasional.

BACA JUGA:Bikin Happy Semua Orang, Ini 5 Weton Paling Humoris dan Disukai Banyak Orang

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengakui bahwa nama ini telah dibahas selama tiga minggu terakhir bersama Presiden Joko Widodo, Erick Thohir, dan Mensetneg Pratikno. Ia mengungkapkan kekagumannya terhadap nama "Whoosh," mengatakan, "Itu upaya luar biasa, saya kaget mendengar kata 'Whoosh,' wah bagus juga ya."(**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: