Permohonan Pembuatan SKCK Alami Kelonjakan Jelang Pendaftaran CPNS

Permohonan Pembuatan SKCK Alami Kelonjakan Jelang Pendaftaran CPNS

Masyarakat Bengkulu tampak memadati ruang SKCK di Polresta Bengkulu-(foto: Hadi/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM -   Menjelang pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), terjadi peningkatan signifikan dalam  permohonan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Kepolisian Resort Kota (Polresta) Bengkulu. 

Hal ini terjadi karena minat masyarakat untuk mendaftarkan diri menjadi pegawai negeri sipil di Bengkulu meningkat. Terlebih SKCK menjadi  salah satu persyaratannya dalam mendaftarkan diri sebagai CPNS.

Diungkapkan  PS Kaur Yanmin Satintelkam Polresta Bengkulu, Aiptu Yulianto, peningkatan permohonan SKCK yang signifikan ini telah terjadi sejak beberapa bulan terakhir. 

Keperluan pemohon yang ingin membuat SKCK ini didominasi oleh masyarakat yang ingin mengikuti tes CPNS.

BACA JUGA:CPNS 2023 Dibuka 2 Hari Lagi, Cek Link, Syarat & Cara Daftarnya di Sini

"Kami mencatat adanya lonjakan permohonan SKCK yang cukup besar sejak satu minggu terakhir ini, mulai dari 11 sampai 15 September, tercatat terdapat 341 orang pemohon. Peningkatan ini dipicu oleh persiapan masyarakat yang ingin mendaftar sebagai CPNS," ujar Aiptu Yulianto, Senin (18/9/2023).

Lanjutnya, permohonan pembuatan SKCK ini diajukan oleh pemohon baru maupun yang melakukan perpanjangan masa berlaku untuk keperluan pendaftaran seleksi CPNS.

Diceritakan salah satu pemohon yang ingin memperpanjang masa SKCK yakni Taufik, dirinya harus datang lebih awal akibat dari lonjakan pemohon. Setelah itu, ia masih harus menunggu lama akibat membeludaknya jumlah pemohon.

"Dari pagi sekitar jam 9 sudah disini tapi karena banyak juga yang mengurus pembuatan SKCK sehingga hingga siang ini saya masih menunggu antrian," pungkas Taufik.

BACA JUGA:Jaring Talenta Terbaik, Kejaksaan RI Buka Helpdesk Rekrutmen CASN di 33 Kejati

Sementara itu, dalam upaya mengatasi lonjakan permohonan SKCK, Polresta Bengkulu telah mengambil beberapa langkah. 

Seperti meningkatkan kapasitas layanan, dan membatasi jumlah pemohon perharinya serta mengoptimalkan proses pengurusan SKCK agar lebih efisien, dengan demikian diharapkan ini dapat memberikan kemudahan bagi para pemohon terutama untuk masyarakat yang hendak mengikuti pendaftaran CPNS dalam melengkapi persyaratannya. 

Sebagai informasi, penerimaan CPNS di Bengkulu tahun ini menjadi salah satu yang paling dinanti-nanti oleh masyarakat setempat, mengingat banyaknya peluang pekerjaan yang tersedia di sektor pemerintahan.

Pemerintah daerah dan kepolisian setempat bersama-sama bekerja keras untuk memastikan bahwa proses pendaftaran CPNS berjalan lancar dan adil. Peningkatan permohonan SKCK yang terjadi di Polresta Bengkulu menjadi cerminan semangat masyarakat dalam mencapai cita-cita menjadi bagian dari pelayanan publik yang lebih baik.(Hadi/magang)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: