Ingin Buat Kolam Renang di Rumah Minimalis, Ini Rincian Hitung Biaya Bikin Kolam Renang

Ingin Buat Kolam Renang di Rumah Minimalis, Ini Rincian Hitung Biaya Bikin Kolam Renang

Sambil mencari referensi kolam renang yang diinginkan, Anda bisa diskusi dengan kontraktor untuk mewujudkan kolam sesuai bujet.-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Jadi total biaya bikin kolam renang yang dibutuhkan adalah Rp206,150,000. Ingat simulasi tersebut bisa berbeda tergantung lokasi pembelian material dan kesepakatan Anda dengan pihak kontraktor. 

Catatan tambahan lain, biaya tukang hanyalah gambaran karena tarif yang dikenakan bisa berbeda tergantung pada proses pengerjaan apa saja yang dikerjakan.

BIAYA PERAWATAN KOLAM RENANG

Kebersihan kolam harus selalu dijaga agar kulit Anda tidak gatal karena air yang kotor. 

Tidak hanya biaya bikin kolam renang, biaya perawatan juga harus Anda pertimbangkan dengan matang sebelum membuat pool di rumah. 

Jangan hanya asal pakai lalu kolam dibiarkan begitu saja karena airnya bisa berubah keruh dan tidak baik jika digunakan berenang.

Sebaiknya, cek kebersihannya setiap hari untuk membuang daun, binatang kecil, dan benda organik lain yang memicu tumbuhnya bakteri. 

Selain kebersihan permukaan air, perawatan lainnya yang harus diperhatikan adalah pengecekan filter air, balancing tank, kadar keasaman serta klorin, pembersihan lantai dan dinding kolam.

Perawatan di atas bisa saja dilakukan sendiri tanpa tukang. Tapi Anda tetap harus membeli beberapa alat dan bahan khusus. Total biaya yang dikeluarkan nantinya tergantung pada jenis, luas kolam, dan sistem sirkulasi air. 

BACA JUGA:Sedang Populer! Ini 3 Desain Pagar Rumah Subsidi Paling Diminati

Sebagai gambaran, berikut detail biaya perawatan kolam renang jenis skimmer dan overflow dengan ukuran 3m x 10m x 1,5 m:

Jenis Sirkulasi Kolam Renang

Untuk pemakaian harian di rumah, sirkulasi skimmer cocok karena biaya perawatan yang lebih murah.

Selain menghitung biaya bikin kolam renang, Anda wajib memperhatikan sistem sirkulasinya agar air tidak cepat kotor, keruh, dan berubah kehijauan. 

Jangan sepelekan faktor ini karena perawatan kolam renang kotor butuh biaya tinggi yang menguras kantong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: