Bus KPK Standby di Depan Rumah Dinas Gubernur Bengkulu, Ada Apa?

Bus KPK  Standby di Depan Rumah Dinas Gubernur Bengkulu, Ada Apa?

Pelayanan publik tim KPK di dalam Bus KPK RI-(foto: tri yulianti/bengkulekspress.disway.id)--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Setelah dilepas oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pada Rabu kemarin (30/8/2023), Bus KPK maupun tim KPK RI sendiri telah mulai menjelajahi Bumi Rafflesia pada Kamis (31/8/2023).

Roadshow Bus KPK RI saat ini standby di Lapangan Merdeka, atau tepatnya di depan Rumah Dinas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Disampaikan Deputi Dikmas KPK RI, Wawan Wardiana, sebagaimana yang telah disampaikan bahwa ada 3 pendekatan yang dilakukan KPK untuk memberantas tindak korupsi. Pendekatan itu dimulai  dari dunia pendidikan, pencegahan maupun penindakan. 

Lanjutnya, semua pendekatan itu tidak dapat berjalan lancar apabila tidak mendapatkan dorongan dari pihak pemerintah provinsi maupun pemerintah daerah baik kabupaten/kota yang ada di Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Stok Beras di Bengkulu Aman Hingga akhir Tahun, Tapi Harga Kualitas Premium Naik

"Tidak mungkin dilakukan secara mandiri. Bahkan di Undang -undang disebutkan, dalam melakukan pencegahan, mentoring dan sebagainya itu merupakan tugas KPK beserta masyarakat. Oleh sebab itu, roadshow bus KPK ini selain menjadi salah satu upaya KPK dalam membumikan isu-isu antikorupsi pada seluruh masyarakat tetapi juga mengajak serta seluruh masyarakat untuk berkontribusi dengan caranya masing-masing dan kapasitasnya masing-masing," ujar Wawan usai mengahadiri kegiatan roadshow bus KPK di Lapangan Merdeka Kota Bengkulu.

Ia menambahkan, setelah Provinsi Bengkulu.  Roadshow Bus KPK ini akan melanjutkan perjalan ke Provinsi lainnya yang ada di Sumatera. Seperti Lambung, Jambi hingga Aceh.

Masih kata Wawan, dengan hadirnya roadshow Bus KPK RI ini dapat memberikan edukasi pada masyarakat akan pencegahan tindak korupsi.

"Selain sebagai program KPK, tetapi ini menjadi kolaborasi dengan Pemprov maupun kabupaten/kota yang dilalui oleh bus KPK untuk melakukan pencegahan dan edukasi antikorupsi," pungkasnya.

BACA JUGA:Alhamdulillah! Warga Perumahan Guru Lingkar Barat Sudah Terima Sertifikat

Sementara itu, Wakil Gubernur Bengkulu Rosjonsyah mengapresiasi kehadiran bus KPK beserta tim KPK di Bumi Rafflesia.

Menurut Rosjonsyah, kehadiran tim KPK ke Bengkulu sebagai sarana Edi masyarakat untuk mencegah tindakan yang berbau korupsi.

Bahkan, disampaikan Rosjonsyah, edukasi antikorupsi ini telah menyasar pada kalangan anak dibawah umur seperti Paud dan pelajar-pelajar di Kota Bengkulu.

"Dengan roadshow Bus KPK di Bengkulu ini untuk mengajak masyarakat agar jangan ragu melaporkan sekecil apapun tindakan korupsi pada pihak yang bersangkutan," tutup Rosjonsyah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: