Reses Roni Tobing, Banyak Warga Kurang Mampu Tak Tersentuh Bansos Melapor

Reses Roni Tobing, Banyak Warga Kurang Mampu Tak Tersentuh Bansos Melapor

Reses DPRD Kota Bengkulu Roni Tobing-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bantuan Sosial atau Bansos yang diprogramkan pemerintah tentunya bertujuan untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu di Indonesia. 

Namun nyatanya, masih banyak masyarakat kurang mampu khususnya di Kota Bengkulu belum merasakan manfaat bansos karena belum terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat (KPM). 

Saat menggelar reses di Kantor Camat Ratu Agung, Selasa (18/06/2023) bersama Kadis Sosial Kota Bengkulu, Sahat M Situmorang, banyak peserta reses yang mengeluhkan belum mendapatkan bansos. 

"Aspirasi masyarakat yang kita serap pada reses ini masyarakat minta pendataan penerima bansos lebih dimaksimalkan karena nyatanya masih banyak yang belum terdata," ungkap Roni. 

BACA JUGA:Reses Anggota DPRD Kota Bengkulu, Teuku Zulkarnain: Abrasi di Lentera Merah Jadi Ancaman Warga Kampung Bahari

"Beberapa dari mereka tadi mengusulkan agar didaftarkan sebagai penerima karena memang dirasa layak dan sesuai kategori yang dimaksudkan sebagai penerima bansos. Kita minta Kadis Dinsos tadi langsung menindaklanjuti keluhan masyarakat ini, " jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Bengkulu Sahat M Situmorang mengakui memang terjadi pergeseran perekonomian masyarakat. 

Sehingga warga yang dulunya miskin sekarang sudah dalam kategori mampu, begitu juga sebaliknya. 

"Ini menjadi tugas kami untuk memang mendata ulang warga atau keluarga penerima manfaat ini. Kami juga minta dukungan dari RT RW hingga ke lurah dan camat untuk membantu menseleksi warga yang mampu dan kurang mampu sehingga penyaluran bansos nantinya bisa tepat sasaran," kata Sahat. (Adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: