Gerhana Matahari: Kisah Perlawanan Manusia Melawan Bathara Kala

Gerhana Matahari: Kisah Perlawanan Manusia Melawan Bathara Kala

manusia berusaha menyelamatkan matahari dengan memukul-mukul tubuh Bathara Kala--

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Gerhana matahari adalah keajaiban alam yang luar biasa ketika posisi bumi, bulan, dan matahari berada dalam posisi yang sejajar. Namun, cerita mitos yang berkembang di masyarakat tentang Gerhana matahari membuat fenomena ini menjadi lebih menarik lagi.

Dalam mitos Gerhana Matahari, Bathara Kala, sosok utama dalam cerita, dianggap sebagai lambang dari keserakahan manusia yang selalu berusaha untuk mengambil yang bukan miliknya.

BACA JUGA:Ingin Semua Dosa Terhapus, Ustadz Syafig Riza Basalamah Ajarkan Amalan ini

Mitos ini mengajarkan kepada kita betapa pentingnya menjaga keseimbangan alam agar keberlangsungan hidup seluruh makhluk di bumi terjaga.

Bathara Kala, Si Pemakan Matahari

Dalam mitos Gerhana Matahari, Bathara Kala dikisahkan ingin mencapai keabadian dalam hidupnya. Untuk itu, dia berusaha mencari air keabadian atau Tirta Amerta yang berada di kediaman para dewa di nirwana. Dengan kesaktiannya, Bathara Kala berhasil menembus kawasan terlarang tersebut dan mengambil air suci Tirta Amerta.

BACA JUGA:Amalkan Zikir Malaikat, Pintu Rezeki Terbuka Lebar, Habib Novel Alaydrus: Cukup Baca 100 kali

Namun, Bathara Guru mengetahui perbuatan Bathara Kala dan memenggal kepalanya saat mulai meminum airnya.Meskipun kepala Bathara Kala telah terpisah dari badannya, kepala tersebut masih tetap hidup, sedangkan badannya jatuh ke bumi dan berubah menjadi lesung.

Manusia Melawan Bathara Kala

Dalam pembalasan, Bathara Kala bersumpah untuk menciptakan kegelapan di muka bumi dengan menelan matahari yang merupakan sumber terang dan kehidupan.

BACA JUGA:DOKU Percepat Digitalisasi UMKM di Indonesia Melalui Aplikasi Juragan Doku

Untuk mengembalikan terangnya bumi, manusia berusaha menyelamatkan matahari dengan memukul-mukul tubuh Bathara Kala yang telah berubah menjadi lesung. Tujuannya agar Bathara Kala merasa kesakitan dan memuntahkan kembali matahari yang telah ditelannya, sehingga bumi bisa terang kembali.

Menjaga Kelestarian Alam untuk Keberlangsungan Hidup

Melalui mitos Gerhana Matahari, kita belajar bahwa matahari diibaratkan sebagai sumber kehidupan yang harus selalu dijaga demi kelangsungan hidup seluruh mahluk di bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: