DOKU Percepat Digitalisasi UMKM di Indonesia Melalui Aplikasi Juragan Doku

DOKU Percepat Digitalisasi UMKM di Indonesia Melalui Aplikasi Juragan Doku

IST/BE Doku percepat digitalisasi UMKM melalui aplikasi Juragan Doku (foto: Doku)--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Perusahaan pembayaran digital Doku, meluncurkan Aplikasi Juragan Doku, sebuah inisiatif baru bertujuan mempercepat proses digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Berkolaborasi dengan mitra komunitas strategis, seperti Sahabat UMKM, Strive Indonesia (Mercy Corp & Mastercard), dan SparkLabs (Universitas Pelita Harapan), Doku memperluas fokusnya dari segmen korporasi ke segmen UMKM setelah 16 tahun berkecimpung di industri ini.

Peluncuran ini menandai transformasi bisnis Doku dari penyedia gateway pembayaran menjadi perusahaan teknologi pembayaran yang lebih kuat, dengan tujuan memperluas penetrasi bisnis di Indonesia dan berupaya memperluas kehadirannya di kawasan Asia Tenggara dalam beberapa tahun mendatang.

"Juragan Doku merupakan inisiatif kami untuk pertumbuhan lanjutan (growth initiatives) yang menyasar segmen pasar UMKM Indonesia, setelah tahun lalu kami melakukan ekspansi bisnis ke Malaysia melalui akuisisi senangPay," kata CEO Doku, Chris Yeo, dalam siaran persnya, Senin (3/7/2023).

Juragan Doku menawarkan solusi pembayaran yang cepat, mudah, dan komprehensif baik secara daring maupun luring bagi penjual di media sosial, yang lebih dikenal sebagai social sellers.

"Mereka menjadi target pasar utama bagi Juragan Doku di fase awal ini. Melalui Juragan Doku, kami berharap tidak hanya dapat meningkatkan jumlah transaksi sukses saja, namun juga mendukung social sellers untuk memperluas basis pelanggan mereka dengan tersedianya berbagai metode pembayaran," ujarnya.

BACA JUGA:Menkop Teten Masduki: Agunan Masih Jadi Kendala Utama Bagi UMKM Untuk Ajukan Kredit ke Bank

Juragan Doku menyediakan layanan pembayaran instan dengan fitur-fitur yang siap digunakan tanpa perlu integrasi, seperti payment link, e-katalog, QRIS, dan instant checkout. Selain itu, melalui aplikasi Juragan Doku yang dapat diakses melalui web dan Play Store serta Apple Store, Doku juga akan membantu para Juragan dengan program pendampingan khusus.

"Bagi kami fitur-fitur untuk terima pembayaran yang langsung pakai menjadi landasan dan misi fundamental dari Juragan Doku untuk digitalisasi UMKM Indonesia. Namun demikian dukungan kami tidak berhenti hanya di pengembangan produk," ucap Head of SME Doku, Angga Narendra.

Dengan infrastruktur pembayaran yang lengkap, pengalaman, dan jaringan mitra korporat sebagai pionir gateway pembayaran, Doku berkomitmen untuk memberikan dukungan optimal dalam mendorong kemajuan UMKM Indonesia. Sejak pengenalan Juragan Doku pada awal 2023, sekitar 10.000 UMKM Indonesia telah bergabung menjadi Juragan.

"Indikasi ini yang membuat kami semakin yakin untuk melanjutkan ekspansi Doku untuk menggarap segmen UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian bangsa," tuturnya.

BACA JUGA:Modal Kawan Mikro, Pendanaan Modal Usaha UMKM Rp 250 Juta Tanpa Agunan Dan Legal OJK 2023 di Platform Modalku

Berikut adalah manfaat dari fitur unggulan dalam aplikasi Juragan Doku.

1. Instant Checkout

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: