Terjerat Hutang ? Begini Cara Melunasi Hutang dengan Benar!

Terjerat Hutang ? Begini Cara Melunasi Hutang dengan Benar!

Hidup dibayangi hutang, pastilah tidak nyaman. -Bengkulu Ekspress-Istimewa

4. Cari penghasilan tambahan

Jika penghasilan biasa tidak cukup, maka diwajibkan mencari penghasilan tambahan. Dan penghasilan tambahan ini mencarinya sesuai profesi dan keahlian. Jangan tergiur dengan hal-hal yang sedang booming namun diluar kemampuan dan keahlian. Ikut-ikutan dagangan orang. Jika bisa melukis, bisa menjadi guru lukis atau menjual tulisan.

Selanjutnya, menambah jam kerja atau lembur. Bagi pedagang bisa menambah waktu jualannya. Biasanya pulang jam 4 sore, bisa memperpanjang hingga jam 7 malam.

5. Mulai gaya hidup hemat/ sederhana

Terkadang kita panas dan iri terhadap lingkungan. Jika tetangga beli ini itu, kita akan merasa iri. Sedangkan apa yang dibeli tetangga sebenarnya tidak ada manfaat bagi kita.

BACA JUGA:Rahasia Banyak Uang dan Rezeki Lancar, Amalkan Wirid Khusus Sunan Kalijaga

Seperti tetangga beli tv, kita iri ingin beli tv juga. Padahal, kita tidak pernah dan tidak suka nonton tv.Sebaiknya hidup hemat dan seadanya sesuai kemampuan.

6. Cari benda di rumah yang bisa diuangkan

Kebanyakan orang untuk membayar hutang mencari hutang lagi. Untuk menutupi hutang lama. Istilahnya gali lubang tutup lubang.

Sebaiknya carilah benda di dalam rumah yang fungsinya sudah tidak bermanfaat dan tidak produktif lagi. Banyak rumah tangga yang memiliki benda-benda tidak produktif yang tersimpan di gudang sampai menumpuk. Jangan malu-malu untuk menjual benda-benda tidak produktif tersebut.

BACA JUGA:Rutinkan Doa Ini Sebelum dan Sepulang Kerja, Insya Allah Rezeki Melimpah!

Sistem online jika menjual brang-barang bekas semakin mudah. Bagi orang lain ada manfaat, bagi kita ada pemasukan dan bisa dibayarkan untuk mencicil hutang. Jangan menjual sarana untuk bekerja seperti motor.

7. Bertanya kepada orang yang berpengalaman

Ada dua kriteria orang berpengalaman yaitu orang yang pernah memiliki hutang namun bisa melunasi dan orang yang mengetahui cara-cara melunasi hutang seperti ahli ekonomi, ustad dan orang pintar.

Dengan bertanya pada orang-orang berpengalaman tersebut kita tidak sesat di jalan perhutangan. Mudah dan cepat melunasi hutang.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: