Perayaan Idul Adha 2023 Beda Lagi! Muhammadiyah Tetapkan 28 Juni, NU dan Pemerintah Kapan?

Perayaan Idul Adha 2023 Beda Lagi! Muhammadiyah Tetapkan 28 Juni, NU dan Pemerintah Kapan?

rukyatul hilal--

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Umat Islam merayakan hari raya sebanyak dua kali yaitu Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha. Setelah merayakan Hari Raya Idul Fitri kini masyarakat bersiap menghadapi perayaan Idul Adha Tahun 2023.

Namun kemungkinan besar akan kembali terjadi perbedaan perayaan Idul Adha Tahun 2023 di Indonesia.

Diketahui Muhammadiyah sudah menetapkan tanggal lebaran Idul Adha yakni 10 Zulhijjah 1444 H bertepatan dengan hari Rabu 28 Juni 2023.

Penentuan lebaran Idul Adha tersebut sebagaimana termuat dalam Maklumat Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Nomor 1/M/MLM/I.0/2023.

Keputusan Muhammadiyah ini berarti kembali mendahului keputusan pemerintah yang baru akan menetapkan 1 Zulhijjah 1444 H.

Penetapan pemerintah tersebut setelah melakukan Sidang Isbat berdasarkan hasil rukyatul hilal 18 Juni 2023 yang merupakan hari terakhir bulan Zulqadah 1444 H. 

BACA JUGA:Ini Jadwal Puasa Tarwiyah dan Arafah 2023, Catat Tanggal dan Bacaan Niatnya

Pada acara konferensi pers maklumat Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah ”Penetapan hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah 1444 H” tanggal 6 Februari 2023 yang lalu sebagaimana dilansir di laman resmi ormas ini yakni www.muhammadiyah.or.id.

Lantas, kapan lebaran Idul Adha 2023 untuk Nahdlatul Ulama (NU)? Jika dilihat dari keputusan pemerintah Indonesia melalui SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama dituliskan bahwa tanggal 29 Juni 2023 diperingati Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Untuk kepastiannya, penetapan kapan Idul Kurban akan ditetapkan setelah menggelar sidang isbat yang biasanya dilakukan sehari sebelum hari raya. 

BACA JUGA:Ingin Anak Pintar dan Sukses, Ustadz Adi Hidayat Ajarkan 3 Amalan ini

Hukum ibadah qurban adalah sunah muakkad bagi yang mampu melaksanakan. 

Artinya, berkurban di hari raya Idul Adha sangat dianjurkan untuk dikerjakan oleh umat Islam demi mendapatkan kemuliaan-Nya. Ibadah kurban dilakukan dengan cara menyembelih hewan peliharaan yang sesuai dengan kriteria tertentu. 

Pelaksanaannya ialah 4 hari. Yakni pada hari raya Idul Adha (10 Dzulhijjah) ditambah selama 3 hari tasyrik.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: