Niat, Cara dan Keutamaan Mandi Hari Jumat

Niat, Cara dan Keutamaan Mandi Hari Jumat

Ilustrasi Mandi-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Artinya: 

"Saya niat mandi untuk menghadiri salat Jumat sunnah karena Allah Ta’ala".

Tata Cara Mandi Jumat

Untuk melakukan mandi Jumat, yang pertama kita lakukan adalah membasuk tangan kita sebanyak tiga kali, kemudian membersihkan badan dari kotoran dan najis.

Setelah membersihkan badan dari kotoran dan najis, kemudian mencuci tangan dengan sabun, mengambil wudhu sebagaimana wudhu akan sholat kemudian membaca niat.

Setelah itu membasuh rambut dikepala dengan mengguyurnya sebanyak tiga kali, kemudian menyiramkan air ke anggota badan sebelah kanan sebanyak tiga kali, setelah itu menyiramkan air ke anggota badan sebelah kiri sebanyak tiga kali.

Baru setelah itu menyiramkan seluruh air keseluruh tubuh secara merata sambil menggosok-gosok bagiah tubuh yang sulit terkena air dan terakhir dilanjutkan mandi seperti mandi biasa.

BACA JUGA:10 Keutamaan Hari Jumat Dalam Islam

Waktu Mandi Jumat

Untuk waktu mandi Jumat sendiri, Syekh M Nawawi berpendapat bisa dilakukan dari mulai masuknya waktu subuh hingga khatib naik mimbar.

Namun untuk waktu yang terbaik mandi Jumat adalah sebelum kita berangkat ke masjid untuk menunaikan Sholat Jumat, dengan begitu badan kita masih benar-benar bersih.

Itulah tata cara, niat dan keutamaan dari mandi Jumat, semoga kita diberi kekuatan untuk bisa mengamalkannya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: