Jangan Salah! Ini Waktu Terlarang Shalat Dhuha Kata Syekh Ali Jaber

Jangan Salah! Ini Waktu Terlarang Shalat Dhuha Kata Syekh Ali Jaber

syekh ali jaber--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Umat muslim pasti sudah mengetahui bahwa Shalat Dhuha adalah salah satu shalat sunnah yang membuka pintu rezeki.

Dilansir kanal YouTube Yayasan Syekh Ali Jaber, berikut penjelasan tentang waktu shalat dhuha. Untuk mengetahui kapan waktu shalat dhuha, Syekh Ali Jaber menyarankan agar menghitung waktu shalat setelah berkumandang adzan subuh.

Waktu yang harus dihitung adalah sekitar 2 jam setelah adzan subuh. Penting untuk mengetahui waktu ini karena di dalamnya terdapat waktu yang dilarang untuk shalat. 

"Anda supaya tidak salah hitung, dari pas adzan hitung 2 jam," kata Syekh Ali Jaber. "Kalau habis 2 jam boleh shalat," lanjutnya. 

Syekh Ali Jaber mengingatkan bahwa jangan sampai shalat di saat tepat matahari terbit karena termasuk waktu terlarang shalat.

"Tapi saat persis terbitnya matahari tidak boleh shalat," tegas Syekh Ali Jaber. Maka sisihkan waktu kira-kira 1 jam 40 menit setelah adzan subuh.

"Misal adzan jam 4, kapan terbit matahari, jam 5.40, kapan saya boleh shalat,  15 menit lagi baru anda shalat," jelas Syekh Ali Jaber.

 Setelah waktu 15 menit dari matahari terbit itulah baru diperbolehkan untuk melaksanakan shalat, termasuk shalat dhuha. "Bisa shalat syuruk, atau shalat dhuha," kata Syekh Ali Jaber.

Sampai kapan batas waktu shalat dhuha menurut Syekh Ali Jaber? "Karena waktu shalat dhuha mulai dari waktu habis terbit matahari kira-kira 15-20 menit sampai dekat dzuhur," jelasnya. 

"Kalau dzuhur jam 12 berarti anda bebas shalat dhuha sampai setengah 12," sambungnya. Berapa rakaat shalat dhuha?

"Shalat dhuha jumlahnya 8, bukan 12, yang disunnahkan 8," kata Syekh Ali Jaber. 

"Paling sedikit dua," lanjutnya.

Perlu diperhatikan, karena shalat dhuha ini hukumnya sunnah maka jangan sampai mengganggu yang menjadi kewajiban, seperti tanggung jawab pekerjaan. "Apalagi yang bekerja kalau shalat dhuha 8 rakaat nanti lama-lama dimarahin bos," ujar Syekh Ali Jaber.

"Anda harus sesuaikan kondisi kerjaannya, tapi kalau 2 rakaat Insya Allah tidak akan mengambil banyak waktu," sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: