Ini Dia Keutamaan Membaca Bismillah, dari Membuka Rezeki Hingga Menghapus Dosa

Ini Dia Keutamaan Membaca Bismillah, dari Membuka Rezeki Hingga Menghapus Dosa

Keutamaan membaca Bismillah banyak diriwayatkan dalam sabda Nabi Muhammad SAW -Bengkulu Ekspress-Istimewa

“Jika menghadapi petaka maka ucapkanlah: bismillahirrahmanirrahim wa la haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil adhim. Niscaya dengan kalimat itu, Allah akan menghilangkan petaka apapun yang Dia kehendaki.” (Imam Nawawi)

Dengan selalu membaca Bismillahirrahmanirrahim, seorang Muslim akan senantiasa mendapat perlindungan dari Allah.

BACA JUGA:Doa-Doa untuk Melancarkan Rezeki dan Usaha

4. Melindungi saat Tidur

Salah satu keutamaan membaca Bismillah, sebagaimana disampaikan Imam Muhammad Nawawi Al-Jawi yang menukil dari Imam Ahmad As-Showi dalam kitabnya “ Kasyifatussaja” yaitu sebagai berikut:

“Di antara keistimewaan yang dimiliki basmalah, ketika seseorang membacanya sebanyak 21 kali sebelum tidur, maka pada malam itu ia akan terselamatkan dari gangguan setan, dari kemalingan, dari mati mendadak, dan bencana yang lainnya.”

5. Menghapuskan Dosa-Dosa Kecil

Keutamaan membaca bismillah berikutnya yaitu sebagai penghapus dosa. Membaca bismillah dapat menghapus semua dosa-dosa kecil yang telah dibuat oleh seorang muslim. Hal ini tercantum dalam sebuah hadis, yang artinya:

“Barangsiapa yang membaca kalimat bismillah, maka tak tersisa sedikitpun dari dosa-dosa yang kecil.” (HR. Muttafaqun Alaih)

BACA JUGA:Ingin Dagangan Laris, Ini Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW

6. Diselamatkan dari 19 Malaikat Penjaga Neraka

Keutamaan membaca bismillah juga berkaitan dengan kehidupan di akhirat nanti. Hadis selanjutnya, sabda Nabi Muhammad SAW:

"Siapa yang ingin supaya Allah selamatkan dia dari 19 malaikat penjaga neraka maka hendaklah membaca bismillahirrahmanirrahim niscaya Allah buatkan untuknya yang membaca dari setiap satu huruf itu dengan sebuah surga."

7. Dilimpahkan Keberkahan oleh Allah SWT

Keutamaan membaca Bismillah banyak diriwayatkan di antaranya sabda Nabi Muhammad SAW berikut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: