BMKG: Inilah Penyebab Cuaca Panas Ekstrem

BMKG: Inilah Penyebab Cuaca Panas Ekstrem

cuaca panas di Bengkulu--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sepekan terakhir, suhu udara dan cuaca terasa sangat panas menyengat. Hal ini dikeluhkan banyak orang di dunia maya. Kamu pun mungkin merasakan hal serupa.

Rupanya BMKG pun mencatat bahwa sepekan terakhir suhu panas maksimum udara permukaan Indonesia tergolong panas jika dibandingkan hari biasanya.

BMKG mengungkap alasan cuaca panas menyengat sejumlah wilayah di Indonesia. BMKG menyebut ada 5 hal yang membuat fenomena alam itu terjadi.

BMKG mengatakan penyebab pertama suhu panas di Indonesia ialah dinamika atmosfer yang tidak biasa. Selain itu, sedang terjadi gelombang panas di wilayah Asia.

BACA JUGA:Cuaca Panas Ekstrem! Ini Wilayah di Indonesia dengan Suhu Terpanas

BACA JUGA:Bolehkan Puasa Syawal Tapi Belum Bayar Utang Puasa? Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

"Suhu panas bulan April di wilayah Asia selatan secara klimatologis dipengaruhi oleh gerak semu matahari, lonjakan panas tahun 2023 terparah," ujar BMKG di Instagram, Minggu (23/4/2023).

Penyebab ketiga, kata BMKG, ialah tren pemanasan global dan perubahan iklim. Gelombang panas 'heatwave' semakin berisiko berpeluang terjadi 30 kali lebih sering. 

BACA JUGA:Berlaku Mulai 26 April: Jam Kerja PNS Terbaru Masuk Pukul 07.30, Istirahat 30 Menit

BACA JUGA:Gaji 13 Dicairkan Bulan Juli, Ini Daftar Penerimanya

Kemudian, keempat adalah dominasi monsun Australia atau dengan kata lain Indonesia memasuki musim kemarau.

Penyebab terakhir, intensitas maksimum radiasi matahari pada kondisi cuaca cerah dan kurangnya tutupan awan. Tangerang Selatan menjadi wilayah dengan suhu paling panas di Indonesia. Suhunya mencapai 37,2 derajat celcius.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: