Penyakit Vertigo-mu Kambuh, Ini Dia 7 Tahapan Pertolongan Pertamanya

Penyakit Vertigo-mu Kambuh, Ini Dia 7 Tahapan Pertolongan Pertamanya

--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Vertigo adalah gangguan yang terjadi pada saraf dengan gejala seperti rasa nyeri yang sangat kuat atau sakit kepala dan migrain secara tiba-tiba. Selain itu, pada beberapa kasus yang berat, Vertigo juga bisa berpotensi membuat penderita hilang kesadaran atau pingsan saat Vertigo sedang kambuh. Rasa pusing yang ditimbulkan dari Vertigo ini hampir serupa dengan pusing biasa.  

Akan tetapi, sakit kepala terasa lebih menyakitkan. Saat vertigo ini kambuh, maka pertolongan pertama untuk mengatasi gangguan saraf ini harus segera dilakukan. Berikut ini adalah beberapa pertolongan pertama pada vertigo yang bisa digunakan saat sedang kambuh, yang sudah dirangkum dari berbagai sumber :

1. Hidrasi Tubuh Secepatnya

Saat vertigo sedang kambuh maka Ekuilibrium telinga di bagian dalam akan terganggu karena terjadi pergerakan tubuh atau perubahan posisi secara tiba-tiba. Untuk mengatasinya, anda bisa menggelengkan kepala sebanyak 3 sampai 4 kali dan perbanyak minum air, sebab dehidrasi juga menjadi salah satu penyebab vertigo kambuh. Dengan minum lebih banyak air pada saat vertigo kambuh, maka tubuh akan terlindungi dari dehidrasi dan bisa ditambah juga dengan minuman mineral atau elektrolit.

BACA JUGA:Kepala Pusing Saat Puasa, Ini Cara Mengatasinya

BACA JUGA:Viral Oralit Bisa Menahan Haus Saat Puasa, Ini Imbauan Kemenkes RI

2.Duduk atau Berbaring

Vertigo yang kambuh secara tiba-tiba bisa membuat penderita terjatuh secara mendadak khususnya pada orang tua. Jika ini terjadi maka bisa menyebabkan masalah yang cukup serius seperti patah tulang, pendarahan intra kranial dan juga kerusakan pada organ bagian dalam sampai menyebabkan kematian. Untuk mencegah hal ini terjadi, duduk atau berbaring sebelum vertigo semakin parah dan jatuh. Jangan terburu-buru untuk berdiri sebelum vertigo tersebut reda atau hilang.

3.Hindari Cahaya Terang

Usahakan juga untuk menjauhi diri dari ruangan atau area yang terlalu terang dan pilih tempat yang lebih gelap saat vertigo kambuh, sebab saat penyakit ini datang, maka organ mata akan lebih sensitif terhadap cahaya sehingga bisa menyebabkan penderita semakin bertambah pusing, mual, muntah dan bahkan pingsan.

4.Duduk Dengan Kaki Terangkat

Duduk secepat mungkin saat vertigo sedang kambuh di kursi atau diatas meja rendah dengan posisi kaki yang terangkat. Setelah itu, cobalah untuk menggerakan kaki mengarah ke kepala agar aliran darah bisa lancar ke area otak. Sesudah vertigo mereda, maka anda bisa berdiri secara perlahan dan tidak mendadak.

5.Minum Air Jahe

Jahe bisa digunakan sebagai pertolongan pertama pada vertigo untuk mengatasi rasa pusing tersebut, sebab tubuh bisa bereaksi cepat dengan air jahe ini. Segera minum air jahe saat vertigo kambuh dan rasa sakit akan langsung berkurang hanya dalam beberapa menit saja, namun tetap perlu mewaspadai efek samping jahe dengan tak mengonsumsinya berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: