Hindari Penipuan Online Melalui Aplikasi APK: ini 5 Tips yang Harus Diketahui

Hindari Penipuan Online Melalui Aplikasi APK: ini 5 Tips yang Harus Diketahui

Penipuan undangan pernikahan digital-fino felino-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Penipuan melalui aplikasi file APK dismartphone belakangan semakin marak terjadi dan menimbulkan kerugian yang cukup besar pada korbannya seperti saldo di aplikasi mobile banking habis, saldo uang elektronik maupun di e-commerce pun ludes diambil oleh pelaku penipuan online.

Modus penipuan ada yang dilakukan dengan mengirimkan undangan pernikahan dan kurir paket. Dalam undangan atau pesan dari kurir paket tersebut memberikan sebuah link dimana akan otomatis mengunduh sebuah aplikasi yang telah disiapkan oleh pelaku penipuan. 

Aplikasi yang telah terinstall di smartphone korban akan otomatis mencuri data rahasia yang ada di smartphone calon korban, seperti akses m-banking, akses aplikasi uang elektronik atau transaksi lainnya yang bisa digunakan melalui pertukaran pulsa dari smartphone itu tersendiri.

Dengan sendirinya jika korban menggunakan layanan pasca bayar makan akan ada tagihan yang membengkak setelah digunakan transaksi oleh pelaku.

BACA JUGA:Ini Daftar Situs yang Diblokir Kominfo Terkait Judi Online, Terbanyak Situs Domino

BACA JUGA:Ini Dia Bisnis Online yang Menjanjikan di Tahun 2023, Dijamin Kamu Jadi Jutawan

Ada beberapa tips untuk menghindari penipuan online malalui kiriman file APK dan kerahasiaan pribadi and tetap terjaga.

1. Perhatikan link kiriman 

Saat mendapatkan link kiriman pastikan pengirim tersebut dikenali dan dapat dihubungi dengan pasti. Bisa saja nomor rekan anda yang telah tersimpan di Smartphone anda telah terkena bajak terlebih dahulu.

Setelah itu perhatikan link yang dikirimkan adalah link yang benar. Jika link yang dikirimkan memiliki ekstensi ".apk" maka link tersebut mengarahkan anda untuk mendowload sebuah aplikasi untuk diinstall di smartphone anda. Hindari install aplikasi yang tidak berasal dari goole playstore.

2. Selalu update dan gunakan fitur keamanan ganda

Sistem operasi pada smartphone android akan selalu ada pembaharuan untuk meningkatkan keamanan pengguna. Selalu lakukan pembaruan agar smartphone anda aman.

Gunakan fitur keamanan ganda pada aplikasi yang menyediakan seperti email, Whatsapp dan lainya. Ini akan memperkuat keamanan data pribadi anda untuk tidak dicuri pelaku penipuan.

BACA JUGA:30 Fitur Baru dari Aplikasi Ajaib untuk Trading Saham yang Aman dan Maksimalkan Keuntungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: