5 Sekolah di Kota Bengkulu Belum Cair Dana BOS Tahap 1, Ini Daftar Sekolahnya

5 Sekolah di Kota Bengkulu Belum Cair Dana BOS Tahap 1, Ini Daftar Sekolahnya

Drs Sehmi MPd-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BACA JUGA:Menaker Terbitkan Surat Edaran THR 2023, Segini Besaran THR Karyawan dan Pekerja

Sebelumnya, lambatnya pencairan dana BOS sudah sangat dikeluhkan seluruh sekolah, sekolah sudah berbuat banyak untuk tambal sulam guna memenuhi kebutuhan sekolah, dengan harapan BOS cair tepat waktu.

Padahal, pemerintah menjanjikan pencairan dana BOS dilakukan paling lambat akhir Januari 2023. Untuk memenuhi kebutuhan sekolah seperti ATK dan lainnya terpaksa ngutang ke toko.

Bahkan sejumlah kepala sekolah rela menggunakan uang pribadi untuk menalangi kebutuhan sekolah. Jika pencairan masih belum ada kejelasan, dikawatirkan aktivitas di sekolah tidak berjalan.

Koordinator BOS Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kota Bengkulu, Ade Elvia S.Sos menuturkan dana BOS di sebagian sekolah tingkat SD dan SMP di kota Bengkulu sudah proses salur, namun tidak diterima serentak.

Tidak ubahnya penyaluran dana BOS dijenjang SMA, pencairan dana BOS tahap I jenjang sekolah dasar juga dilakukan secara bergelombang, untuk tahap I gelombang I dan gelombang II baru menyasar 42 sekolah se-kota Bengkulu.

BACA JUGA:KABAR GEMBIRA! Menpan Pastikan THR PNS Cair H-5 Lebaran

“Pencairan dana BOS tahap I, untuk gelombang I dan Gelombang II di kota Bengkulu masih rendah, dan akan dicairkan pada penyaluran gelombang III dan gelombang IV. seperti diketahui, penyaluran dana BOS pada tahap I gelombang 1 dan gelombang 2, diprioritaskan bagi sekolah yang memiliki silpa nol rupiah, ini sebagai bentuk aprisiasi bagi satuan pendidikan yang telah melakukan pelaporan sebelum pertengahan Januari 2023, sehingga sudah direview oleh Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) atas realisasi penyerapan dana BOS tahun anggaran sebelumnya sebagai syarat penyaluran BOS tahapan berikutnya.

Diketahui, mekanisme pencairan dana BOS tahun 2023 tidak lagi melalui rekening daerat, melakukan dilakukan secara langsung dari rekening kas umum negara ke rekening satuan pendidikan.

Mekanisme tersebut agar dana segera sampai di sekolah dan segera digunakan.

Disingung dana BOS Kinerja, Ade menegaskan hingga saat ini dana tersebut belum ditransfer dari Pemerintah. Dana BOS kinerja diperuntukkan bagi satuan pendidikan yang ditetapkan sebagai pelaksana Program Sekolah Penggerak. Dan di kota Bengkulu, ada satu sekolah yang telah di SK kan yakni SMPN 22 Kota Bengkulu. (247)

Artikel ini telah terbit di Harian Bengkulu Ekspress edisi Selasa 28 Maret 2023 dan harianbengkuluekspress.bacakoran.co dengan judul 5 Sekolah Belum Terima BOS ke-1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: