Musik Patrol Jawa Timur Meriahkan HUT Kota Bengkulu Ke 304

Musik Patrol Jawa Timur Meriahkan HUT Kota Bengkulu Ke 304

Ikatan Keluarga Jawa Timur Provinsi Bengkulu menggelar pentas seni dan budaya dengan menampilkan seni musik patrol di momentum perayaan HUT Kota Bengkulu ke 304 di Kota Merah Putih, Kamis (16/3/23) malam.-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ikatan Keluarga Jawa Timur (IKJT) Provinsi Bengkulu menggelar pentas seni dan budaya dengan menampilkan seni musik patrol di momentum perayaan HUT Kota Bengkulu ke 304 di Kota Merah Putih, Kamis (16/3/23) malam.

Ketua IKJT Provinsi Bengkulu, Ir Budi Djatmiko MM mengatakan, pentas tersebut dilakukan tidak lain untuk menyambut HUT Kota Bengkulu ke 304 sekaligus sebagai salah satu upaya melestarikan seni musik Jawa Timur.

"Menyambut HUT Kota Bengkulu, kami warga Jawa Timur di Bengkulu turut berpartisipasi meramaikan sekaligus mengenalkan budaya Jawa Timur," kata Djatmiko, Jumat (17/3).

Djatmiko mengaku, eksistensi seni tari patrol itu tidak hanya diminati warga Jawa Timur tetapi juga warga Kota Bengkulu yang notabene diisi berbagai macam suku dan budaya.

BACA JUGA:Nasi Jambar Raksasa Hiasi Upacara HUT Kota Bengkulu ke-304

BACA JUGA:Hadiri Sidang Paripurna Istimewa HUT Kota Bengkulu ke 304, Menpan RB Azwar Anas Sampaikan Ini

Tari Patrol sendiri kata Djatmiko salah satu jenis musik yang terkenal di berbagai tempat di Jawa Timur khususnya di Jember.

Musik Patrol dirancang untuk menciptakan irama dan juga instrumen yang dinamik untuk mengiringi lagu-lagu tradisional dari Jawa, Madura, dan Banyuwangi yang terbuat dari bambu dan kayu yang disebut kentongan.

Selain itu, tentunya tujuan pentas seni ini tak lain adalah untuk melestarikan budaya leluhur dari Jawa Timur dan Jember.

"Ini merupakan musik tradisional yang harus terus dilestarikan, terutama masyarakat Jawa Timur yang tinggal di Kota Bengkulu," paparnya.

BACA JUGA:Lomba Syarafal Anam HUT Kota Bengkulu ke 304, Perebutkan Rp 30 Juta

BACA JUGA:Bengkuluekspress.com Wakili Bengkulu Berkolaborasi dengan Narasi dan YouTube

Selain itu, Djatmiko berharap, IKJT dapat berpartisipasi dalam pembangunan Kota Bengkulu khususnya dari segi budaya.

"Tentu saya mengajak warga Jawa Timur khususnya untuk memberikan kontribusi terhadap pembangunan Kota Bengkulu, dari budaya dan kesenian Jawa Timur dalam rangka memberi warna bagi budaya daerah ini," tuturnya kepada BE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: