Antisipasi Ancaman, Lanal Bengkulu Gelar Latihan Galagaspur

Antisipasi Ancaman, Lanal Bengkulu Gelar Latihan Galagaspur

Latihan Glagaspur Lanal Bengkulu, Kamis (09/02/2023)-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Komandan Pangkalan  TNI AL (Danlanal) Bengkulu  Letkol Laut (P) Nyoman Gede Pradnyana A S membuka Latihan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) P1-P 2  dan L1-L2 Tahun 2023 di Lapangan Apel Mako Lanal Bengkulu, Kamis (09/02/23).

Latihan Glagaspur ini merupakan program kerja tahunan Lanal Bengkulu untuk membina kesiapsiagaan prajurit dalam menghadap berbagai dinamika situasi ke depan, serta untuk menjaga dan meningkatkan profesionalisme prajurit dalam melaksanakan tugas pokok Lanal Bengkulu.

Upacara pembukaan Latihan Glagaspur tersebut diawali dengan laporan kesiapan dari Pasops Lanal Bengkulu selaku Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) kepada Danlanal yang kemudian dilanjutkan penyematan tanda peserta latihan kepada perwakilan prajurit Lanal Bengkulu.

Danlanal mengatakan Latihan Glagaspur P1-P2 (tingkat Pangkalan) dan L1 - L2 (tingkat Kapal) dilaksanakan secara berkala pada periode tahun 2023 ini. 

BACA JUGA:Kota Bengkulu Salurkan Bantuan ke Korban Gempa Turki dan Suriah

BACA JUGA:BPJamsostek Bersama Gubernur Bengkulu Serahkan Santunan Kecelakaan Kerja dan Kematian Pada Peringatan Bulan K3

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan individu prajurit atau satuan yang harus terus dibina dan dikembangkan secara terprogram.

“Kepada seluruh prajurit Lanal Bengkulu saya perintahkan untuk melaksanakan latihan dengan sungguh-sungguh, agar tujuan dari Latihan Glagaspur ini dapat terwujud sesuai dengan standar yang sudah  ditetapkan,” ujar Danlanal 

Materi latihan Galagaspur ini antara lain, Latihan Pertahanan Pangkalan (Hanlan), Latihan Penanggulangan Kebakaran (PEK), Latihan Penindakan Huru Hara (PHH), Latihan Penanganan Evakuasi Medis, Drill Kecakapan Komunikasi, Drill Keterampilan Bongkar Pasang Senjata, Drill Renang Militer, Latihan Selam Dasar, Latihan Menembak, Penyegaran tentang Peraturan Dinas Dalam (PDD) Khas TNI AL, PBB, Upacara Pemakaman Militer dan Latihan Permildas atau P5T.

Danlanal menegaskan bahwa latihan ini juga sebagai persiapan dan penilaian terhadap Uji Terampil dari Tim Komando Latih Armada I serta antisipasi dalam menghadapi apabila terjadi kejadian yang sesungguhnya.(Imn/PenLanalBku)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: