7 Tips Agar Hemat di Akhir Bulan, Anti Dompet Kering!

7 Tips Agar Hemat di Akhir Bulan, Anti Dompet Kering!

-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dalam mengelola keuangan, berhemat adalah hal yang penting agar dana yang didapat di bulan itu tidak habis seluruhnya.

Sehingga, kita bisa memiliki tabungan yang cukup untuk digunakan di akhir bulan, atau hingga tanggal gajian tiba. Namun, bagi beberapa orang, berhemat adalah hal yang cukup menantang.

Padahal, jika tidak berhemat, banyak yang kesulitan di akhir bulan. Nah, agar Anda terhindar dari kekurangan dana di akhir bulan, Anda bisa simak 7 tips hemat di akhir bulan berikut ini, salah satunya dengan memanfaatkan Voucher Deals dari Blibli, agar dana Anda bisa bertahan satu bulan full untuk kebutuhan sehari-hari.

1.    Bayar Tagihan Terlebih Dahulu

Tips yang pertama adalah jika Anda memiliki beberapa tagihan, lebih baik untuk membayarnya terlebih dahulu. Jika Anda menundanya, tagihan akan semakin besar dan jumlah yang Anda keluarkan pun akan lebih besar. Belum lagi rasa tidak tenang yang menghantui karena mengingat tagihan.

Dengan membayar tagihan terlebih dahulu, Anda jadi lebih leluasa membagikan dana Anda untuk keperluan lain tanpa perlu terganggu, misal membaginya sebagai tabungan atau dana belanja bulanan.

2.    Memisahkan Uang Tabungan

Jangan salah, memisahkan uang tabungan dari awal adalah hal yang penting, lho. Pasalnya, banyak orang yang menerapkan untuk mengambil uang tabungan di akhir, atau setelah uang dibelanjakan untuk membeli kebutuhan dan keinginan. Alhasil, uang tabungan yang didapat dari sisa belanja cenderung sedikit atau bahkan tidak ada.

Jadi, sebaiknya Anda langsung pisahkan uang tabungan agar dapat mengalokasikan dana belanja lebih cermat dan hemat. Jika di akhir bulan Anda membutuhkan sedikit tambahan dana, tidak ada salahnya mengambil sedikit dari tabungan Anda.

Agar tabungan Anda tidak mudah digunakan, sebaiknya Anda membuat rekening terpisah khusus untuk tabungan. Akan lebih baik lagi jika Anda tidak menginstall aplikasi mobile banking tabungan tersebut, agar uang tabungan tidak mudah digunakan dan bisa terjaga hingga akhir bulan.

3.    Buat List

Tips selanjutnya adalah membuat list atau daftar kebutuhan Anda. Ingat, yang Anda buat adalah daftar kebutuhan, bukan keinginan. Daftar kebutuhan meliputi beberapa barang seperti bahan makanan, air minum, voucher listrik dan paket internet, dan lain-lain.

Dengan membuat daftar kebutuhan, Anda bisa mengira-ngira berapa dana yang dibutuhkan untuk membeli kebutuhan tersebut. Sehingga, Anda bisa membuat dana khusus agar tidak termakan oleh kebutuhan yang lain.

4.    Manfaatkan Voucher

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: