Cuaca Ekstrem Landa Bengkulu Hingga Awal Tahun, Waspada Bencana ini

Cuaca Ekstrem Landa Bengkulu Hingga Awal Tahun, Waspada Bencana ini

Banner peringatan dini cuaca ekstrem BMKG Provinsi Bengkulu-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Fatmawati Soekarno BENGKULU memprediksi cuaca ekstrem yang melanda Provinsi BENGKULU berpotensi terjadi hingga awal tahun 2023. 

Sebab itu, pihak BMKG memperingatkan agar masyarakat waspada terhadap dampaknya seperti bencana alam.

Forecaster BMKG Fatmawati Bengkulu, Zen Putri Al'iyya Lestari mengungkapkan, iimbauan tersebut dikarenakan berdasarkan analisis dinamika atmosfer saat ini, BMKG Bengkulu mengindikasikan adanya peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Bengkulu.

Kondisis ini dipicu karena adanya peningkatam monsun asia. Sehingga meningkatan intensitas seruakan dingin asia, serta aktifnya gangguan fenomena MJO yang disertai aktifnya beberapa gelombang atmosfer yaitu, Gelombang Rossby Ekuatorial dan Gelombang Kelvin.

BACA JUGA:BMKG Prediksi Cuaca Tahun Baru Ekstrem, Wilayah-wilayah ini Harus Waspada!

BACA JUGA:Kejari Beri Sinyal, 58 Kelurahan Penerima Bantuan Samisake Ikut Diperiksa

Sehingga menyebabkan hampir semua wilayah di Provinsi Bengkulu mulai dari intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang, biasanya hal ini juga diiringi dengan potensi terjadinya bencana alam.

"Masyarakat diimbau agar waspada dan berhati-hati jika harus beraktivitas di luar rumah. Waspada terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, meluapnya air sungai, genangan air, pohon tumbang, jalan licin, gelombang laut tinggi," imbau Zen, Kamis (29/12/2022).

Peringatan dini yang dikeluarkan BMKG Provinsi Bengkulu mulai dari tanggal 28 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023, yang mengacu pada hasil analisis data yang dilakukan pihaknya.

"Kemarin kita telah melakukan analisa terhadap potensi tersebut dan hampir semua wilayah di Bengkulu diprediksi berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang dibeberapa wilayah," jelasnya.

BACA JUGA:2 Kabupaten Ini Kawasan Paling Rawan Narkoba di Bengkulu

BACA JUGA:Daftar Gaji TNI Tahun 2023, dengan Tunjangannya

Berikut wilayah di Bengkulu yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan badai, menurut data BMKG Provinsi Bengkulu.

Mukomuko, Bengkulu Utara, Lebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Seluma, Bengkulu Selatan dan Kaur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: