Curhat ke Wamentan, Petani di Bengkulu Tengah Ancam Alih Fungsi Lahan

Curhat ke Wamentan, Petani di Bengkulu Tengah Ancam Alih Fungsi Lahan

Wamentan menanam padi bersama di Bengkulu Tengah, Bengkulu-(foto: bakti setiawan/bengkuluekspress.disway.id)-

BENTENG, BENGKULUEKSPRESS.COM - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI, Harvick Hasnul Qolbi menghadiri penanaman padi serentak di hamparan sawah petani Desa Sukarami, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), Rabu (23/11) pagi.

Usai menanam padi di area persawahan, Wamentan melakukan dialog bersama anggota kelompok tani (Poktan). Melalui kesempatan itu, sebagian besar petani menyampaikan curahan hati (Curhat) tentang kondisi yang terjadi selama ini.

Para petani menyebut bahwa dukungan pemerintah kepada para petani padi belum optimal. Sehingga, banyak lahan persawahan yang tak bisa dikelola secara efektif lantaran tak didukung dengan sarana dan prasarana (Sapras) yang memadai.

"Melalui kesempatan ini, kami meminta agar ada kejelasan tentang usulan yang kami sampaikan selama ini. Tolong buatkan (bangun,red) kembali bendungan Lubuk Sahung yang berada di Desa Lubuk Sini, Kecamatan Taba Penanjung. Tanpa bendungan, lahan persawahan tak bisa digunakan," ungkap salah satu anggota Poktan, Sarudin.

BACA JUGA:Tanam Padi di Bengkulu, Wamentan Dorong Kedaulatan Pangan Nasional Hadapi Krisis Pangan

Hampir setiap tahun, imbuhnya, selalu ada bantuan berupa pembangunan siring irigasi di lokasi sawah. Ia menilai, pembangunan siring cacing dinilai percuma selama bendungan belum direhab.

"Seandainya tak ada kejelasan, kami akan alihfungsikan lahan untuk ditanami sawit. Sebulan, petani bisa menikmati hasil panen sebanyak 2 kali. Jangan sampai alih fungsi benar-benar terjadi," tambahnya.

Pantauan BE, gerakan tanam padi serentak  juga dihadiri Gubernur Bengkulu, Kajati, Danrem, Waka Polda, Pj Bupati Benteng, Kapolres Benteng serta seluruh pejabat di lingkungan Pemda Benteng.

Melalui kesempatan itu, Wamentan RI, Harvick mengharapkan, kehadirannya di Kabupaten Benteng bisa menjadi penyemangat bagi petani agar dapat membantu program pemerintah dalam meningkatkan produksi nasional.

Khusus usulan warga, ia meminta agar OPD teknis segera meminta arahan kepada Pj Bupati agar mendapatkan solusi terbaik dan sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: