Terminal Panorama Kota Bengkulu Bakal Diaktifkan Kembali

Terminal Panorama Kota Bengkulu Bakal Diaktifkan Kembali

Kondisi Terminal Panorama saat ini-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemerintah Kota Bengkulu memalui Dinas Perhubungan berencana akan kembali mengaktifkan kembali terminal tipe C yakni terminal Panorama.

Memang selama ini terminal tersebut sudah tak berfungsi dan aksesnya sering ditutup oleh lapak pedagang. Terminal tipe C tersebut merupakan terminal dalam kota sebagai penyangga antar kabupaten tetangga.

Kepala Dinas Perhubungan kota, Hendri Kurniawan mengatakan, jika dilihat dari kondisi sekarang terminal tersebut sangat kontradiktif. Pedagang menggelar lapak dimana-mana sehingga menutupi jalur akses untuk masuk ke dalam terminal. Selain itu di dalam terminal saat ini ada siring besar yang ternyata tidak ditutup.

"Tahun ini kita memohon kepada Dinas PUPR, pertama untuk menutup siring itu supaya angkot bisa masuk, karena Insyaallah kita sedang dalam tahap pendataan dan mungkin akhir tahun angkot sudah mulai kita arahkan untuk masuk ke dalam terminal. Kalau perkara angkotnya memang sudah sedikit. Ya memang itu kondisi real yang ada di lapangan. Tetapi kan tidak boleh hilang fungsi terminal sebagai amanat peraturan Menteri Perhubungan," jelas Hendri, Senin (05/09/2022).

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Tambah Anggaran BTT untuk Bencana Banjir

Saat ini selain fokus mengaktifkan kembali jalur-jalur atau akses masuk terminal tersebut, pihaknya juga akan menertibkan pada pedagang yang menjadi salah satu penekanan pertama. Nantinya para pedagang hanya diperbolehkan untuk menggelar lapak jualannya hanya sampai jam 08.00 pagi agar tak menghambat jalur masuk angkot ke terminal.

"Target kita tahun depan terminal ini sudah bisa berfungsi kembali dan ini juga sebagai tempat untuk para supir angkot supaya tak lagi menunggu penumpang di pinggir badan jalan yang juga sebagai penyebab kemacetan di area pasar terbesar di Kota Bengkulu," tutup Hendri. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: