Covid Terus Bertambah, Dinkes Seluma Minta Patuhi Prokes

Covid Terus Bertambah, Dinkes Seluma Minta Patuhi Prokes

TAIS, bengkuluekspress.com - Terus bertambahnya jumlah terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Seluma, kian mengkhawatirkan. Dalam dua hari terakhir, jumlah terkonfirmasi Covid-19 bertambah 7 orang dan satu diantaranya merupakan tenaga kesehatan. Jadi yang positif saat ini berjumlah 12 orang. Atas keadaan ini Dinas Kesehatan seluruh pihak untuk mematuhi protokol kesehatan dan termasuk untuk menunda untuk berpergian keluar daerah.

\"Jika masih seperti ini, tidak tegas, jelas akan terus bertambah warga yang terkonfirmasi Covid-19. Kita minta Prokes diterapkan siapa pun itu wajib dan harus,\" tegas Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Seluma, Ahmad Tavif SIP, kepada wartawan.

Dijelaskan, tracking pun juga dilakukan tim medis. Termasuk melakukan swab terhadap warga yang berkontak erat dengan terkonfirmasi Covid-19. Menurutnya, selama tidak ada disiplin dan ketegasan dalam penerapan Prokes tersebut dan siapa pun itu, tetap akan terkena Covid-19, ini ada dan buktinya juga ada. Sehingga tidak ada kata-kata kendor penerapan Prokes.

\"Untuk penanganan covid-19 hanya empat bulan pertama saja yang bisa mengatasinya. Namun lewat dari itu Prokes sendiri tidak berjalan lagi. Sudah banyak pelanggaran yang dilakukan,\" ujarnya.

Terhitung dari gugus tugas hingga pergantian nama menjadi Satgas Covid-19, Dinas Kesehatan Seluma juga tidak pernah lagi dilibatkan dalam kerja Satgas saat ini. Termasuk rapat kerja pun juga tidak ada lagi dilakukan untuk penanganan Covid-19 itu sendiri.

\"Mana ada rapat kerja dalam penanganan Covid-19 saat ini. Ketegasan dari pemangku kebijakan lemah. Jadi wajar saja pandemi ini semakin meluas,\" bebernya.

Ditambahkan, hingga kemarin seluruh terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Seluma berjumlah 79 orang dengan Covid-19 yang aktif saat ini berjumlah 12 orang. Meninggal dunia 5 orang, serta meninggal dunia dengan penyakit penyerta sebanyak 2 orang. Sedangkan pasien yang telah sembuh berjumlah 65 orang.

\"Seluruh elemen masyarakat kepatuhan akan Prokes maka dipastikan bisa menyetop bertambahnya penyebaran Covid-19 di Seluma ini,\" tegasnya singkat. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: