Prajurit Lanal Dilatih Tempur

Prajurit Lanal Dilatih Tempur

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Untuk meningkatkan kesiapsiagaan prajurit dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sebagai prajurit, Lanal Bengkulu melaksanakan Latihan Kesiapsiagaan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) di Lapangan Mako Lanal Bengkulu, selasa (11/2).

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari yakni sejak 10 sampai 11 Februari 2020.Danlanal Bengkulu, Letkol Laut (P) Yustus Nasarius Rossi menyampaikan, bahwa latihan ini merupakan salah satu penyegaran untuk peningkatan kemampuan personel dalam menghadapi tugas TNI AL yang begitu banyak dan berat pastinya.

“Melalui latihan ini diharapkan para peserta dapat belajar dan berlatih dengan maksimal sehingga apa yang diperoleh selama latihan dapat menjadi pedoman sebagai bahan acuan dalam melaksanakan tugas sehari-hari,” jelas Danlanal.

Selain itu, dirinya juga menekankan kepada seluruh peserta latihan agar meningkatkan intensitas latihan di satuan masing-masing sehingga hasil yang diperoleh dari latihan ini nantinya bisa diimplementasikan.“Sehingga harapan pemimpin dalam upaya meningkatkan kemampuan profesi seluruh personel akan terealisasi dan dapat diandalkan,” tambahnya.

Dijelaskan Danlanal Bengkulu, ada beberapa latihan kesiapsiagaan yang dilaksanakan seperti ujian tertulis, bongkar pasang senjata laras panjang SS1 dan laras pendek, cara pemasangan tali temali dan pluit, Ofseten penjagaan, penempatan jaga pengawal, Morse dan Semapore.

Kemudian penaikan bendera merah putih dilanjutkan jajar kehormatan, PBB bersenjata, renang militer dan penanganan korban tengelam dan peran kebakaran yang langsung dinilai oleh ketua tim Uji Terampil Glagaspur Kolat Koarmada I, Letkol Laut (P) Nugroho Putro Suwarwanto.\"Semua latihan tersebut langsung mendapatkan penilaian dari Tim Kolat Koarmada 1 yang turun langsung ke Bengkulu,\" jelasnya.

Ditambahkannya, latihan ini diperuntukan untuk semua anggota Lanal Bengkulu tanpa terkecuali yang mana nantinya akan diberi nilai langsung oleh tim yang didatangkan dari Pusat ini, semoga dengan adanya kegiatan ini, pasukkan TNI AL Bengkulu bisa diperhitungkan dan mendapatkan nilai yang baik.

\"Semuanya dinilai oleh tim Puslat Glagaspur Kolat Koarmabar dan kita yakin apa yang dilatihkan sekarang ini memiliki manfaat yang banyak terutama bagi wilayah perairan Bengkulu dan masyarakat Bengkulu khususnya dan juga demi keterampilan anggota Lanal Bengkulu dalam menjaga keamanan wilayah Provinsi Bengkulu yang mana nantinya bila diperlukan selalu siap dan bersedia,\" ucapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Uji Trampil Glagaspur Kolat Koarmada I, Letkol Laut (P) Nugroho Putro Suwarwanto mengingatkan, agar menindaklanjuti kekurangan-kekurangan yang ditemukan saat pelaksanaan Glagaspur dengan cara melengkapi perangkat lunak yang tidak ada dan berlatih secara terprogram untuk dapat meningkatkan kemampuan prajurit Lanal dalam melaksanakan Tugas dan Fungsi (Tupoksi) Pangkalan.\"Berdasarkan hasil Uji Terampil Glagaspur P1, P2 dan L1, L2 Lanal Bengkulu dinyatakan lulus semuanya,\" bebernya.

Berdasarkan pantaun BE, kegiatan latihan Glagaspur yang diikuti oleh anggota Lanal Bengkulu dilakukan begitu semangat, yang mana sebelum latihan dimulai para anggota terlebih dahulu mempertunjukan yel-yel kebanggaan milik Lanal Bengkulu dan latihan Glagaspur ini diikuti semua jajaran baik dari pangkat terendah hingga yang tertinggi atau perwiranya dan seluruh PNS Lanal.

Dalam pelaksanaan Glagaspur di Lanal Bengkulu sebagai tim penguji antara lain, Katim Uji trampil Letkol Laut (P) Nugroho Putro Suwarwanto, CTMP, Kasi Metode Sprogar, Mayor Laut (E) Milchias Supriyandono, Ur Teknavkom Puslat ????ang, Pelda Eko Ari Istianto, Ur Alins-2 Sminlog, Pelda Eko Hasto Agustiono, Bama Satma, Serma Nav Iswanto, Ur Ops Glagaspur Puslat Glagaspur, Sertu Jas Sandri Kasman, Ur Lam-2 Satma, Kopka Bah Suprapto. (529)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: