Dinilai Tak Terurus, Pengelolaan Pantai Panjang Diambil Alih Pemkot Bengkulu

Dinilai Tak Terurus, Pengelolaan Pantai Panjang Diambil Alih Pemkot Bengkulu

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Pengelolaan kawasan wisata Pantai Panjang Bengkulu, akan kembali diambil alih oleh Pemerintah Kota Bengkulu. Hal tersebut diputuskan berdasarkan hasil diskusi sejumlah pihak, yakni Walikota Bengkulu Helmi Hasan, Wakil Walikota Dedy Wahyudi dan seluruh OPD terkait.

Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi menuturkan, pihaknya menyadari bahwa selama ini terkesan tarik menarik antara Pemkot dan Pemprov dalam pengelolaan Pantai Panjang. Karenanya, Pemkot berusaha mengambil sikap, sehingga diharapkan tidak ada keraguan dalam pengelolaan Pantai Panjang.

\"Diskusi kami sebenarnya ada tiga opsi. Pertama dibiarkan saja seperti ini, lalu opsi kedua benar-benar Pemkot menarik diri, artinya seluruh petugas kebersihan kami tarik, sampah kami biarkan, lampu kami matikan semua. Opsi ketiga kita ambil alih dan kita rawat. Namun kata Pak Wali tidak bijak kalau kita menarik diri. Maka opsi ketiga yang kita ambil, Pemkot ambil alih Pantai Panjang,\" tegas Dedy Wahyudi.

Menindaklanjuti kebijakan tersebut, Rabu (15/01) siang, sejumlah OPD mulai bergerak perlahan mendandani Pantai Panjang. Diantaranya, Dinas Perhubungan Kota dan Dinas Pariwisata Kota yang langsung bergerak memasang seluruh lampu jalan di sepanjang Pantai Panjang yang selama ini mati. Selain itu, Wawali juga bergerak cepat menemui beberapa pedagang membicarakan solusi permasalahan sampah serta parkir liar.

\"Sesuai arahan Walikota, kita kembali menata Pantai Panjang. Sudah lebih satu tahun ini kami terus mendapat pengaduan dan kritik dari masyarakat soal lampu jalan mati, soal sampah dan parkir,\" ujar Dedy Wahyudi.

Dikatakan Wawali, dalam upaya penataan Pantai Panjang sendiri, Pemkot sudah memberikan tanggung jawab dan tugas masing-masing untuk setiap OPD. Masing-masing OPD diberikan tanggung jawab 250 meter lahan Pantai Panjang untuk diurus. Sehingga diharapkan kedepannya seluruh OPD bisa kompak bahu membahu mempercantik salah satu wisata unggulan Bengkulu tersebut.(ibe)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: