Mobil Perpustakaan Keliling Diaktifkan

Mobil Perpustakaan Keliling Diaktifkan

LEBONG, bengkuluekspress.com – Untuk meningkatkan minat baca masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lebong terus mengaktifkan 1 unit mobil perpustakaan keliling dengan cara mengunjungi sekolah dan kawasan perumahan masyarakat.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lebong, Drs Achmad Ghozali mengatakan, bahwa saat ini pihaknya memang hanya memiliki 1 unit mobil perpustakaan keliling. Akan tetapi hal tersebut bukan dijadikan sebagai suatu penghalang pihaknya untuk terus mengajak masyarakat Lebong untuk minat membaca.

“Kita terus berupaya bagaimana masyarakat mau membaca,” jelasnya, kemarin (11/12).

Menjurutnya, salah satu upaya yang terus dilakukan oleh pihaknya yaitu pada pagi hari petugas mendatangi sekolah (SD, SMP, SMA/SMK dan sederajat). Selanjutnya pada siang hari, petugas berkeliling dengan mendatangi warga setempat. “Kita ajak mereka untuk membaca buku yang telah kita sediakan,” ujarnya.

Menurutnya, di dalam mobil perpustakaan keliling tersedia berbagai macam buku telah disediakan. Mulai dari masalah pertanian, ternak, cerita anak, buku pelajaran serta buku ilmu pengetahuan lainnya. “Jadi baik siswa atau masyarakat tinggal memilih mau membaca buku apa,” ucapnya.

Ditambahkan Achmad, memang saat ini masyarakat telah banyak beralih untuk mencari informasi melalui media sosial. Namun dalam media sosial tersebut tidak selamanya apa yang dicari bisa lengkap seperti apa yang ada didalam buku. Sehingga buku dapat manjadi refrensi tambahan untuk mencari ilmu. “Jadi adanya perpustakan itu sangatlah penting, walaupun saat ini sudah di zaman teknologi,” tutupnya.(614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: