Polsek Inisiasi Deklarasi Pilkades Damai

Polsek Inisiasi Deklarasi Pilkades Damai

MERIGI KELINDANG, Bengkulu Ekspress - Kepolisian Sektor (Polsek) Taba Penanjung menginisiasi pelaksanaan deklarasi damai jelang pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2019, Senin (4/11) pagi.Deklarasi digelar di kantor Camat Merigi Kelindang dan diikuti oleh seluruh calon kepala desa (Cakades) dari 6 desa wilayah Kecamatan Merigi Kelindang.

\"Seluruh Cakades yang akan bertarung diminta untuk menandatangani pakta integritas Pilkades damai,\" kata Kapolres Bengkulu Utara (BU), AKBP Ariefaldi Warganegara SH SIK MM, melalui Kapolsek Taba Penanjung, Iptu Jumipan Azhari SH MM.

Melalui kesempatan itu, sambungnya, ada beberapa poin penting yang disampaikan kepada Cakades.Diantaranya, Cakades diminta untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di desa masing-masing. Jangan sampai, momentum Pilkades tanggal 14 November 2019 membuat hubungan persaudaraan menjadi terpecah belah.

\"Kami minta agar Cakades bisa menjaga stabilitas di desa masing-masing,\" jelasnya.

Selain tak melakukan perbuatan yang mengundang provokatif, Cakades juga dituntut sportif. Yaitu, berjuang dan kampanye secara sehat tanpa melakukan aksi money politik (politik uang) agar masyarakat mecoblos yang bersangkutan.\"Perlu kami ingatkan, untuk apa menang jika ada kecurangan ataupun melakukan kegiatan yang bertentangan dengan aturan,\" tegas Kapolsek.

Kapolsek menuturkan, deklarasi damai merupakan salah satu upaya pencegahan agar tak terjadi konflik. Pun begitu, tegasnya, polisi akan mengerahkan sejumlah personel untuk melakukan penjagaan di masing-masing desa.\"Saat ini, kami masih menunggu sprint dari Polres Bengkulu Utara terkait pengamanan Pilkades. Paling tidak, ada 3-4 personel berjaga di setiap desa,\" tandasnya.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: