Pedagang Bongkar Kios dan Lapak

Pedagang Bongkar Kios dan Lapak

\"RIO-PEDAGANGRATU SAMBAN, BE -  Para pedagang yang telah mendapat tempat pada pembangunan Pasar Percontohan Panorama tahap II , mulai memasuki   dan menata daganganya ke dalam kios dan  auningnya sesuai dengan pengundian.  Ratusan pedagang yang semula bertahan berjualan di pinggir jalan sudah mulai membongkar kios penampungan dan masuk  ke dalam kios.  Pun begitu sebagian pedagang masih bertahan berjualan di jalan raya.

Pantauan BE di lapangan, Jalan  Kedondong, Jalan Salak, dan Jalan Belimbing yang semula penuh sesak dan selalu macet, mulai kemarin kendaraan sudah lancar.   Payung-payung dan kios sebagian telah dibongkar, begitu juga dengan pagar seng.  Sisa puing bangunan kios dimanfaatkan pedagang dan sebagian yang tidak bisa dimanfaatkan dibakar.

Salah seorang pedagang  pakaian Eti menuturkan, instruksi pemindahan itu  sudah dilakukan sejak hari Senin lalu, namun pedagang mulai mengguyur pindah dalam beberapa hari ini, karena masih banyak yang harus dipersiapkan, seperti pembuatan meja, gantungan pakaian dan lain-lain.  Pedagang diberikan batasan waktu hingga Senin mendatang.  \"Informasinya hari Senin pedagang sudah masuk semua,\" katanya.

Dibeberkanya, untuk pindah ke lokasi baru, dirinya harus menambah biaya seperti pembelian kayu, menambah seng  karena jika  los  ini dibiarkan maka  jika hujan akan basah,  dibutuhkan biaya Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta untuk mempersiapkan  lokasi.

Sayangnya Kepala UPTD Panorama, Hermansyah tak bisa ditemui.  Sementara Kepala  Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Ir Yalinus melalui Kepala Bidang Pasar, Bambang Suryadi, membenarkan jika pedagang telah diinstruksikan masuk dalam kios, los, dan auning. Mereka dilarang berjualan di kawasan jalan  yang selama ini dijadikan tempat penampungan.

\"Pedagang telah mengupah tenaga untuk membongkar kios dan lapak-lapak di kawasan  penampungan sementara,\" ujar Bambang Suryadi. (247)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: