SMKN 3 Rejang Lebong Gelar Workshop Penguatan Layanan BKK

SMKN 3 Rejang Lebong Gelar Workshop Penguatan Layanan BKK

CURUP, Bengkulu Ekspress- Guna lebih memaksimalkan keberadaan Bursa Kerja Khusus (BKK) khususnya dalam penyalurkan lulusan SMKN dalam dunia kerja. SMKN 3 Rejang Lebong menggelar Workshop Penguatan Layanan BKK.Workshop Penguatan Layanan BKK ini sendiri dilaksanakan SMKN 3 Rejang Lebong di Spot Center Kota Bengkulu pada Kamis (5/9) lalu. Kegiatan tersebut dilaksanakan bertepatan dengan kegiatan Gebyar SMK se- Provinsi Bengkulu.

\"Untuk menguatkan layanan BKK dalam menyalurkan lulusan SMK pada dunia kerja, Kamis kemarin kita telah melaksanakan workshop penguatan BKK,\" sampai Kepala SMKN 3 Rejang Lebong, Asep Suparman MPd saat dikonfirmasi Minggu (8/9) kemarin.

Dijelaskan Asep, dengan adanya penguatan BKK tersebut, ia berharap peran BKK untuk menyalurkan lulusan SMK ke dalam dunia kerja bisa lebih maksimal lagi. Karena menurut Asep para lulusan SMK memang dicetak untuk masuk dalam dunia kerja, sehingga sangat disayangkan bila nanti saat lulus dari SMK ilmu yang mereka dapatkan tidak mereka gunakan.

\"BKK ini nanti yang bisa membantu lulusan SMK dalam masuk dunia kerja, selain itu BKK juga harus banyak memberikan informasi terkait lowongan pekerjaan baik dalam maupun luar negeri,\" tambah Asep.

Lebih lanjut Asep mengungkapkan, SMKN 3 Rejang Lebong melaksakan workshop penguatan layanan BKK tersebut atas petunjuk dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. SMKN 3 Rejang Lebong ditunjuk untuk melaksanakan kegiatan tersebut karena selain sebagai sekolah yang pertama kali menginisiasi terbentuknya BKK juga SMKN 3 Rejang Lebong juga dinilai telah berhasil menyalurkan lulusan SMK kedalam dunia kerja melalui BKK.

Dalam kegiatan yang diikuti 50 ketua BKK dari seluruh SMK yang ada di Provinsi Bengkulu, juga dilaksanakan penandatangan MoU antara Ketua MKKS SMK se Provinsi Bengkulu dengan Direktur Bright Education Indonesia tentang layanan program Ausbildung (Kerja sambil kuliah di Jerman) untuk lulusan SMK Provinsi Bengkulu.

\"Kita juga menginisiasi penandatangan MoU dengan Bright Education karena kita juga dinilai telah berhasil menjalin kerjasama dengan Bright Education mengingat ada satu lulusan SMKN 3 Rejang Lebong yang sudah mengikuti porgram Ausbildung di Jerman,\" papar Asep.

Lebih lanjut Asep mengungkapkan, SMKN 3 Rejang Lebong semangat berbagi ilmu dengan SMK lain di Provinsi Bengkulu, karena menurut Asep pihaknya memiliki prinsip yaitu sukses bersama, sehingga atas keberhasilan yang mereka raih terutama dalam penyaluran lulusan SMK dalam dunia kerja maka menurutnya SMKN 3 Rejang Lebong mengajak SMK-SMK yang ada di Provinsi Bengkulu untuk sukses bersama.

Kegiatan workshop penguatan BKK sendiri, menurut Asep dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Budiman Ismaun MPd sedangkan pematerianya diantaranya Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu Ir H Sudoto MPd, Kemudian dari BKK SMKN 3 Rejang Lebong.

Selanjutnya Yudi Kamajaya, MPd selaku Ketua BKK SMKN 1 Losarang Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat dan narasumber terakhir adalah Astria Dewi, SPd sebagai Direktur Bright Education Indonesia dari Bandung.(251/krn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: