Baterai Traffic Light Dicuri

Baterai Traffic Light Dicuri

CURUP, Bengkuulu Ekspress- Warga Kota Curup mengeluhkan tak berfungsinya lampu pengatur lalu lintas atau traffic light yang ada di Bundaran Dwi Tunggal Kota Curup. Tak berfungsinya lampu pengatur lalu lintas tersebut ternyata karena baterainya dicuri oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Rejang Lebong, Gunawan Firmansyah SSos, saat dikonfirmasi mengungkapkan hilangnya baterai lampu pengatur lalu lintas tersebut sudah terjadi sejak pertengahan Agustus lalu. Sehingga menurutnya sejak saat itu lampu di bundaran utama Kota Curup tersebut tak berfungsi.

\"Kejadian hilangnya baterai ini sudah dua kali, sebelumnya sudah pernah hilang kemudian kami ganti dan hilang lagi,\" sampai Gunawan.

Gunawan mengaku pasca hilang kedua kali tersebut, Dinas Perhubungan Kabupaten Rejang Lebong tak bisa melakukan penggantian lagi karena keterbatasan anggaran yang mereka miliki. Selain itu, menurut Gunawan yang bertanggung jawab atas lampu pengatur lalu lintas tersebut bukan Dinas Perhubungan Kabupaten Rejang Lebong melainkan Balai Jalan Negara yang ada di Lampung.

\"Terkait dengan hilangnya baterai ini tidak bisa kita lakukan penggantian karena keterbasan anggaran selain itu kita juga sudah melaporkan ke Balai Jalan Negara yang ada di Lampung karena lampu itu tanggungjawab mereka,\" aku Gunawan.

Lebih lanjut, Gunawan mengungkapkan kasus pencurian baterai lampu pengatur lalu lintas tersebut juga sempat terjadi di lampu merah yang ada di pertigaan jalan Sukowati dengan jalan Sapta Marga dan Jalan Suprapto. Untuk mengantisipasi terjadinya pencurian maka lampu merah yang ada di pertigaan jalan sukowati tersebut saat ini tidak menggunakan baterai namun disambungkan langsung ke listrik PLN.\"Untuk yang di Bundaran Curup ini juga rencananya tidak akan lagi menggunakan baterai namun akan kita sambungkan langsung ke listrik PLN,\" aku Gunawan.

Di sisi lain, Gunawan juga mengaku kasus pencurian baterai lampu pengatur lalu lintas tersebut juga sudah mereka laporkan ke Polres Rejang Lebong, Ia berharap para pelaku pencuriannya bisa segera terungkap, karena ia menduga para pelaku pencurian baterai lampu jalan di Kota Curup adalah pelaku yang sama.

Terpisah, saat dikonfirmasi Kapolres Rejang Lebong AKBP Jeki Rahmat Mustika SIK melalui Kasat Reskrim AKP Andi Kadesma SIK mengaku pihaknya telah menerima laporan terkait hilangnya baterai lampu pengatur lalu lintas di bundaran curup.\"Untuk laporannya sudah kita terima, saat ini masih dalam proses penyelidikan mudah-mudahan dalam waktu dekat ini pelakunya tertangkap,\" sampai Kasat.

Disisi lain berdasarkan pantauan Bengkulu Ekspress, akibat tidak berfungsinya lampu pengatur lalu lintas tersebut, arus lalu lintas di bundaran curup menjadi tidak teratur dan membahayakan pengguna jalan.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: