113 Desa Cairkan DD

113 Desa Cairkan DD

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Sampai akhir bulan April ini Badan Keuangan Daerah (BKD) Kaur mencatat sudah dikucurukan sebanyak Rp 17 miliar Dana Desa (DD) kepada 113 desa dari 192 desa yang ada untuk tahap 1. Dikucurkannya DD ini sejak awal April hingga penghujung bulan ini. Artinya tinggal menyisakan 79 desa lagi yang belum menerima kucuran DD tahap 1 yang tersisa sebesar Rp 12,2 miliar lagi dari total DD tahap 1 sebesar Rp 29,2 Miliar.

“Tergantung dengan rekomendasi dari PMD dan juga SP2D yang disampaikan serta laporan DD sebelumnya, bila ini sudah lengkap tentu kita bayarkan,” kata Sekretaris BKD Kaur Drs Sinaruddin kemarin, (25/4).

Dikatakannya, selain harus ada kucuran pagu DD masuk ke kasda, syarat lain juga desa wajib menyampaikan laporan penggunaan DD tahap sebelumnya. Selain itu tentunya sudah mengantongi rekomendasi dari DPMD serta pihak terkait lainnya sebelum DD benar benar dikucurkan kepada desa penerima.“Dari 15 Kecamatan yang paling sedikit desa menarik DD tahap 1 yakni Kecamatan Semidang Gumay yang baru satu desa sedangkan yang lainnya ada yang hampir penuh,” katanya.

Ditambahkannya, 113 desa yang sudah melakukan penarikan DD tahap awal itu yakni Kaur Selatan 8 desa, Kaur Tengah 8 desa, Kaur Utara 7 desa, Kelam Tengah 8 desa, kinal 7 desa, luas 12 desa, Lungkang Kule 9 desa, Padang Guci Hilir 8 desa, Tanjung Kemuning 10 desa, Padang Guci Hulu 8 desa, Semidang Gumay 1 desa, Tetap 8 desa, Nasal 8 desa, Maje 9 desa dan Muara Sahung 1 desa.  “Totalnya bervariasi sesuai aturan sebesar 20 persen dari pagu mulai dari Rp 140 jutaan sampai 180 jutaan,” jelasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: