Antisipasi Kecurangan Pemilu

Antisipasi Kecurangan Pemilu

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Pelaksana tugas (plt) Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi SE MM mengingatkan para pengawas pemilu agar bekerja maksimal untuk mencegah dan pengantisipasi kecurangan. Oleh karena itu, dirinya meminta petugas dapat turun ke lapangan untuk melakukan pengawasan langsung.

“Pengawas saya ingatkan agar pantau dan dokumentasikan semua tahapan pemilu hingga saat pencoblosan dan penghitungan suara bahkan hingga selesai semua tahapan,”katanya saat acara sosialisasi dan pemantapan pemantau pemilu di gedung pemuda Bengkulu Selatan, Selasa (9/4).

Gusnan mengatakan dengan adanya dokumentasi tersebut sangatlah penting. Sebab bisa dijadikan alat bukti jika terjadi kesalahan atau kecurangan. Sehingga bisa menjadi bahan klarifiasi dengan menunjukan bukti dokumentasi tersebut. “Kalau ada kesalahan atau kecurangan, dokumentasi bisa menjadi bukti,” ujarnya. Selain itu, Gusnan juga mengajak semua lapisan masyarakat untuk saling bersinergi dalam memastikan pelaksanaan pemilu di Bengkulu Selatan berjalan aman dan terkendali. Dirinya juga berharap, agar tidak ada yang menyebarkan informasi hoax. Sebab informasi tersebut bisa menjadi sumber konflik.

“Saya mengajak semua warga Bengkulu Selatan bersama-sama menjaga agar pemilu di Bengkulu Selatan berjalan aman, lancar dan tidak ada konflik,” imbaunya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Bengkulu Selatan, Azes Digusti mengatakan, anggotanya siap mengawasi jalannya pemilu di Bengkulu Selatan. dirinya mengaku saat ini di setiap TPS sudah dibentuk pengawas TPS. Mereka diberi tugas untuk mengawasi jalannya pemilu di TPS tersebut. Sehingga jika ada hal-hal yang mencurigakan agar dapat segera melapor ke pihaknya, untuk kemudian bisa segera ditindaklanjuti. “Petugas kami mulai dari kabupaten, kecamatan, desa/kelurahan bahkan hingga TPS siap bekerja maksimal mengawasi jalannya pemilu, sehingga tidak terjadi pelanggaran ataupun kecurangan,” ujar Azes. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: