Satu Polisi Jaga 4 TPS

Satu Polisi Jaga 4 TPS

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Kapolres Bengkulu Selatan (BS), AKBP Rudy Purnomo SIK MH mengatakan, anggota Polres Bengkulu Selatan siap mengamankan pelaksaan pemilu di lokasi tempat pemungutan suara (TPS). “ Saat pemilu nanti, kami akan kerahkan anggota kami, 1 polisi akan amankan 3 hingga 4 TPS,” katanya usai simulasi pengaman TPS di lapangan Mapolres Bengkulu Selatan, Selasa (9/4).

Rudy mengatakan, anggota yang akan diterjunkan sebanyak 196 orang. Mereka akan disebar untuk mengamankan 556 TPS yang tersebar di 158 Desa dan kelurahan se Bengkulu Selatan. Adapun jumlah personel Polres Bengkulu Selatan saat ini sebanya 303 orang. Kemudian ditambah adanya BKO dari Polda 85 orang. Sehingga total personel 388 orang. Dari jumlah tersebut 196 akan diterjunkan untuk pengamanan TPS.

“15 April nanti akan digelar apel pengamanan TPS, setelah itu 196 anggota langsung mengawasi 556 TPS se Bengkulu Selatan,” ujarnya.

Rudy menambahan, tugas dari pengaman TPS tersebut yakni melakukan pengamanan di dekat TPS. Hal itu untuk memastikan pelaksanaan pemilihan berjalan aman dan lancar. Sehingga diharapkan tidak ada kericukan atau keributan saat pemilihan mulai dari pencoblosan hingga selesai penghitungan suara. “Tugas Pengaman TPS untuk memastikan agar pelaksanaan pemilu di TPS tersebut berjalan aman dan lancar,” terang Rudy.

Kabag OPS Polres Bengkulu Selatan, Kompol Sofyanto menambahkan, angggota Polisi yang bertugas mengamankan TPS harus netral dan tidak boleh mengarahkan warga untuk memilih caleg tertentu atau pasangan calon presiden tertentu. Akan tetapi, harus menjaga agar di lokasi TPS tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga jika ada tanda-tanda akan terjadi keributan, anggota dapat langsung siaga dan mencegahnya. “Saya ingatkan semua anggota polres harus netral,tidak boleh mengarahkan atau mempengaruhi warga memilih calon tertentu,”tandas Sofyanto. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: