Belum Separoh Desa Cairkan DD

Belum Separoh Desa Cairkan DD

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress - Meskipun saat ini sudah memasuki bulan April. Namun masih banyak desa yang belum mencairkan dana desa (DD) tahap pertama. Padahal saat ini akan dilakukan pencairan DD tahap kedua. “ Yang mencairkan DD tahap pertama paling sekitar 50 desa, dari 142 desa se Bengkulu Selatan,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bengkulu Selatan , H Sepuan Yunir S.Sos, Msi.

Sepuan mengatakan, desa yang belum mencairkan DD tahap pertama lantaran desa tersebut belum menyampaikan Anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes). Padahal APBDes tersebut syarat wajib pencairan DD. “ Kalau APBDes tidak ada, bagaimana kami mau menyalurkan DD,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Sepuan kembali meminta para kepala desa dan perangkatnya segera menyamapaikan APBDes ke pihaknya. APBDes yang disampaikan tersebut, juga harus ada persetujuan dari pihak kecamatan masing-masing. Dikatakannya, jika desa belum juga menyampaikan APBDes, maka akhirnya penyaluran DD tahap pertama di akhir tahun. Bahkan jika tidak menyampaikan APBDes, maka desa tersebut tidak akan menerima DD tahun ini. “ Segera sampaikan APBDes, agar kami bis menyalurkan DD tahap pertama, sedangkan desa lain akan segera diproses pencairan tahap kedua,” demikian Sepuan. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: