Plt Bupati Verifikasi Rencana Strategis

Plt Bupati Verifikasi Rencana Strategis

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress– Sebagai tindaklanjut dari pelaksanaan bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), di kemenPAN RB beberapa waktu lalu, kemarin, Jum’at (5/4) Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi SE MM mengumpulkan seluruh pejabat Bengkulu Selatan  untuk melakukan koordinasi dan verifikasi rencana strategis masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD).

“ Adanya verifikasi ini, agar tidak ada kegiatan yang melenceng dari rencana strategis dan perencanaan kinerja,” katanya saat memimpin rapat di ruang serba gula bappeda dan Litbang Bengkulu Selatan , Jum’at (5/4).

Gusnan mengatakan, perlunya verifikasi tersebut, agar program yang dirancang dan dimasukan dalam rencana strategis dapat teralisasi. Sehingga dapat meningkatkan kapabilitas dan kapasitas serta meningkatkan pelayanan publik.“ Selama ini masih banyak program yang dijalankan tidak tepat sasaran, sehingga nilai SAKIP kita rendah,”ujarnya.

Oleh karena itu, sambung Gusnan ke depan dirinya mengajak secara masiv dan bersama-sama seluruh kepala OPD di lingkungan Pemda Bengkulu Selatan  dapat bekerja maksimal, sehingga apa yang sudah direncanakan dapat diwujudkan. Dengan begitu kesejahteraan masyarakat dapat terwujud. “ Ayo kerja maksimal dan kerja ikhlas, agar Bengkulu Selatan  EMAS bisa kita wujudkan,” imbaunya.

Gusnan menjelaskan, untuk meningkatkan penilaian SAKIP, maka ada beberapa indikator yang wajib diketahui OPD diantaranya harus dapat mengintervensi permasalahan melalui program yang sudah disusun. Dicontohkannya, seperti program penanggulangan kemiskinan, maka dinas sosial harus dapat memetakan secara mikro penyebab kemiskinan masyarakat dengan mengetahui indikantor penyebab kemiskinan tersebut. Begitu juga dengan masalah pendidikan, maka dinas pendidikan harus bertindak dalam menjalankan program-program penunjang pendidikan tersebut.

Sehingga anak dari dengan masyarakat kurang mampu tetap bisa mengenyam pendidikan dengan baik. “ Kalau kita sudah petakan apa permasalahannya, maka kita akan bisa mencarikan solusinya yang tepat terhadap permasalahan di daerah kita ini, sehingga ke depan Bengkulu Selatan  semakin maju,” terang Gusnan. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: