Seni Daerah Suram

Seni Daerah Suram

Meningkatkan kemampuan dan kelestarian seni asli Kabupaten Kaur, nampaknya memang sulit karena keterbatasan anggaran dan juga minta masyarakat semakin pudar. Pada hal seni dan budaya yang ada di Kabupaten Kaur sangat beraga. Namun pihaknya akan terus dilestarikan. Ia juga berpesan kepada pelaku seni daerah ini untuk terus berkarya dan meningkatkan kemampuan seni sebagai aset diri dan daerah.

\"Kita berharap berbagai seni yang ada di Kabupaten Kaur dapat dilestarikan seperti seni asli tari piring, kemudian tari lainya,\" ujar koordinator PKBM Titin SPd, kemarin.

Untuk meningkatkan itu, tahun 2013 pihaknya terus akan melakukan kegiatan festival ini untuk menumbuhkembangkan semangat cinta akan budaya daerah Kaur. \"Kegiatan ini kita gelar agar kesenian asli daerah Kaur tidak punah. Selain itu, kegiatan ini juga mengenalkan kepada generasi muda dan masyarakat lainnya tentang kesenian,\"jelasnya.

seperti halnya, Tambah Titin,  seni yang memadukan pantun dan musik, setiap ada kegiatan dibawakan dengan cara mendendangkannya dengan iringan musik yang khas berupa biola, gendang, dan terbang. Tak menutup kemungkinan dalam mendendangkan lagu-lagu daerah.

\"Hal ini pihaknya akan segera mengembangkan dengan baik, tahun 2013  merupakan kebangkitan seni budaya Kaur,\" jelasnya.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: