40 Hektar, untuk Budidaya Cabai

40 Hektar, untuk Budidaya Cabai

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Budidaya cabai masih jadi salah satu program andalan Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang untuk masyarakat. Program bantuan bibit cabai untuk lahan sekitar 40 hektar dari pusat melalui Pemerintah Provinsi Bengkulu akan disalurkan kepada kelompok tani (Poktan) tahun ini.  Kepala Dinas Pertanian Kepahiang, Hernawan S.PKP melalui Kabid Holtikultura, Budi SP mengatakan, untuk sebaran daerah penerima bantuan bibit cabai masih menunggu petunjuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu, sehingga belum diketahui pasti mengenai daerah-daerah atau kawasan desa yang akan menerima bantuan.

“Kalau untuk luas lahan kita sudah dapat angka pastinya seluas 40 hektar tetapi untuk sebarannya di daerah mana saja, kita masih menunggu putusan dari provinsi,” ujar Budi.

Dinas Pertanian juga belum bisa menentukan jumlah Poktan yang mendapatkan bantuan ini. Demikian juga belum mengetahui bantuan dengan luas lahan sekitar 40 hektar ini dipusatkan di kecamatan mana saja. Karena sekarang pihaknya masih menunggu SK dari Provinsi Bengkulu.

“Sekarang kita masih menunggu SK dari provinsi, kalau SK-nya sudah turun, nanti baru kita menentukan jumlah Poktan yang dapat dan bantuan ini disebarkan di wilayah mana saja,” ungkapnya.

Ditambahkan, untuk kriteria Poktan yang mendapatkan program bantuan ini, terutama Poktan tersebut harus teregister di Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). Untuk mengetahui kesiapan dan keberadaan Poktan itu sendiri. “Tidak banyak syaratnya, bagi Poktan yang mengajukan proposal untuk mendapatkan bantuan ini, mereka harus memastikan terlebih dahulu Poktannya sudah teregister apa belum,” tutupnya. (320)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: