Bangun Rel Kereta Api

Bangun Rel Kereta Api

Gapeknas Siap Cari Investor

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Gabungan Pengusaha Kontraktor Nasional (Gapeknas) siap mencari investor yang benar-benar sanggup membangun rel kereta api dari Pulau Baai ke Kota Padang, Kabupaten Rejang Lebong.  Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gapeknas, Manahara R Siahaan mengatakan, untuk mencari investor yang siap membangun jalur rel kerata api memang agak sulit. Sebab, investor ini harus benar-benar siap membangun, baik dari sisi modal maupun pengalaman membangun rel kereta api.

\"Tentu kita akan berusaha. Tapi investor ini bukan investor kecil, tapi memang investor yang besar-besar,\" terang Manahara usai menghadir Musda II Gapeknas Provinsi Bengkulu di Raffles Hotel Bengkulu, kemarin (28/3).

Dijelaskannya, untuk membangun rel kereta api dengan panjang sekitar 168,2 Km itu memang membutuhkan modal cukup besar. Sebab, diperkirakan pembangun rel kereta api sekaligus gerbong dan fasilitas lainnya tersebut membutuhkan anggaran sekitar Rp 11 triliun. Untuk itu, pihak Gapeknas akan bersama-sama ikut mempromosikan mencari investor tersebut.

\"Kita berupaya promosikan. Intinya kita mendukung penuh apa yang menjadi kemajuan daerah,\" tambahnya.

Manahara mengatakan, transportasi rel kereta api ini memang sangat dibutuhkan untuk daerah. Apalagi rencana pembangunan rel kereta api untuk angkutan barang, angkutan hasil bumi seperti batu bara dan penumpang. Ketika transportasi cepat ini hasir, maka kemajuan daerah itu akan terjadi. Terlebih, pertumbuhaan ekspor juga akan meningkat. \"Pasti daerah itu akan maju. Ini tugas kita bersama,\" ungkap Manahara.

Di sisi lain, Manahara mengatakan, pemerintah pusat dan daerah sedang gencar membangun infrastruktur. Maka organisasi Gapeknas harus menjadi asosiasi terpandang diantara asosiasi lainnya. Untuk itu, diminta para kontraktor yang berada dalam asosiasi Gapakenas agar berdaya saing, profesional, dan berintegritas.

\"Perlu diingat, setiap pekerjaan pembangunan yang diterima dan dilaksanakan anggota Gapeknas jangan sampai berbuat suatu kejahatan, tapi kerjakan sesuai dengan semestinya, karena manfaatnya akan dinikmati oleh masyarakat,\" tegasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Ekonomi dan SDA Setdaprov Bengkulu, Ansori Tawakal mengatakan, jalur rel kereta api ini sangat dibutuhkan untuk mempercepat laju ekonomi Bengkulu. Untuk itu, dibutuhkan para investor yang benar-benar siap untuk membangun jalur rel kereta api, demi mempercepat ekspor dari Provinsi Bengkulu. \"Kita sangat butuh transportasi terbarukan ini untuk mempercepat ekonomi daerah,\" ujar Ansori.

Untuk itu, bagi para investor yang benar-benar siap, maka diminta untuk mengajukan kesiapan membangun jalur rel kereta api itu. Sebab, dari hasil kajian Kementerian Keuangan (Kemkeu), memang sudah layak untuk hadirnya rel kereta api di Bengkulu. \"Semua itu memang butuh proses. Tapi akan lebih baik jika memang sudah ada yang siap,\" tutupnya. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: