1.046 Surat Suara Rusak

1.046 Surat Suara Rusak

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) telah menuntaskan proses perhitungan surat suara (susu) pemilihan umum (Pemilu) 17 April 2019 mendatang. Hasil penyortiran oleh 40 orang petugas pelipatan susu ditemukan sebanyak 1.046 lembar dalam kondisi rusak atau cacat (selengkapnya lihat grafis,red).

Dari 5 jenis susu, kerusakan susu terbanyak terdapat pada susu calon anggota DPR RI yang mencapai 383 lembar dan susu calon anggota DPR Provinsi Bengkulu yang jumlahnya sebanyak 363 lembar. Ketua KPU Kabupaten Benteng, Drs Brotoseno menjelaskan, susu dinyatakan cacat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti robek, ditemukan bercak tinta maupun dalam kondisi berlobang.

\"Surat suara yang ditemukan dalam kondisi rusak atau cacat tak bisa digunakan saat Pemilu 17 April 2019,\" tegas Brotoseno, Minggu (24/3) kemarin.

Hasil temuan itu akan disampaikan ke KPU RI agar bisa ditindaklanjuti. Apakah nantinya dilakukan pengiriman tambahan atau cukup dengan surat suara yang tersedia. \"Yang jelas, kekurangan surat suara akan kami laporkan. Perlu diketahui, pihak percetakan juga masih memiliki stok surat suara yang siap didistribusikan. Pun begitu, pendistribusian akan dilakukan sesuai petunjuk KPU RI,\" paparnya.

Setelah susu dinyatakan lengkap, baru susu dan logistik lainnya dilakukan packing ke dalam kotak suara bersegel. Jika tak ada aral melintang, pendistribusian logistik pemilu ke tempat pemungutan suara (TPS) akan dilakukan sejak H-2 pencoblosan.  Perlu diketahui, daerah sulit dijangkau yang dimaksud adalah daerah yang berlokasi sangat jauh dari gudang logistik.

Diantaranya, di Desa Senaba dan Kota Titik Kecamatan Pematang Tiga, Desa Taba Durian Sebakul Kecamatan Merigi Kelindang serta Desa Kota Niur Kecamatan Semidang Lagan. \"Kami akan utamakan dulu TPS yang lokasinya sulit dijangkau. Meskipun bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat, jarak tempuh menuju TPS sulit cukup jauh,\" demikian Brotoseno.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: