Tim PKK Bakal Blusukan ke Desa

Tim PKK Bakal Blusukan ke Desa

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Setelah dilantik, Derta Wahyulin Rohidin sebagai Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Bengkulu. Derta langsung melaksanakan tugasnya untuk mempersiapkan pelantikan semua kepengurusan TP PKK Provinsi Bengkulu.

Setidaknya ada sekitar 50 orang pengurus TP PKK Provinsi Bengkulu yang dilantik langsung oleh Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah. Dalam program prioritasnya, TP PKK Provinsi Bengkulu berkomitmen sinergi dalam merealisasikan program-program pemerintah dibawah kepemimpinan Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah.

Salah satunya dengan blusukan atau turun sampai ke tingkat desa-desa yang ada di Provinsi Bengkulu. Hal tersebut, untuk memastikan tim TP PKK ditingkat desa itu bisa bergerak secara maksimal. \"Kalau turun ke desa-desa tentu sudah mulai kita lakukan. Sekarang sudah berjalan. Kedepan, kita akan gencarkan,\" terang Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu, Derta Wahyulin Rohidin kepada Bengkulu Ekspress, usia melakukan pelantikan pengurus TP PKK Provinsi di Gedung Pola Pemprov Bengkulu, kemarin (6/3).

Dikatakannya, beberapa daerah yang sudah dijajahi oleh TP PKK Provinsi seperti desa-desa yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), kemudian di Kota Bengkulu dan Seluma. Lalu untuk minggu depan, rencananya TP PKK Provinsi akan bergerak ke Kabupaten Mukomuko. \"Ini terus berjalan,\" tambahnya.

Dalam proritasnya sampai ke desa itu, selain mensinkronisasikan program pemprov, TP PKK juga tugas prioritas dalam melakukan pencegahaan stunting. Dimana stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama dalam 1000 hari pertama kehidupan. Menurut Derta, program stunting ini juga merupakan program TP PKK Pusat untuk dilaksanakan di daerah. \"Kita laksanakan yang sudah terprogramkan dari pusat,\" tegas Derta.

Dengan dilantiknya semua pengurus TP PKK Provinsi itu, Derta berharap semua pengurus dapat lebih kompak. Semua program yang sudah dibuat sejak awal, bisa terus dikerjakan. Sehingga peran TP PKK tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat luas. \"Pelantikan ini sebenarnya untuk mengesahkan saja. Secara tugas, sebelum dilantik juga terus berjalan,\" ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, peran TP PKK itu sangat penting sekali, dalam mewujudkan ketahanan keluarga. Karena muaranya dengan ketahanan keluarga itu, maka akan tercipta keluarga atau masyarakat yang sejahtera. \"Perannya memang sangat luar biasa sekali, jadi selamat bekerja,\" ujar Rohidin.

Untuk menjadi masyarakat sejahtera, menurut Rohidin, tiga indikator sejahtera harus terpenuhi. Diantaranya pendidikan, bukan berarti pendidikan tinggi tapi kecerdasan yang tinggi. Lalu kesehataan dan terakhir, ekonomi yang mencukupi. Hasilnya, indek Indeks Pembangunan Manusia (IPM) akan meningkat. \"Kalau kantong tebal ya sejahtera. Tapi tetap, tiga indikator itu harus terpenuhi untuk menjadi sejahtera,\" paparnya.

Sementara itu, menurut Rohidin, dengan para ibu-ibu gabung di organisasi TP PKK, maka perubahan dari dirinya sendiri akan banyak sekali. Jika sebelumnya percaya diri itu kurang, maka tingkat kepercayaan diri itu akan bertahap. Termasuk, jika sebelumnya kinerjanya tidak cekatan, maka dampak dengan bergabungan organisasi wanita ini akan lebih cekatan dalam segara hal. \"Ibu-ibu TP PKK yang sudah bergabung saya yakin perubahaanya akan sangat signifikan,\" tutup Rohidin. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: